KBRS Tagih Janji Renovasi Rumah Radio Bung Tomo Yang Sudah Dibongkar

Posted on
loading...

Surabaya (Akulagi.com) – Komunitas Bambu Runcing Surabaya (KBRS) menagih janji keseriusan Pemerintah Kota Surabaya mengembalikan bangunan cagar budaya rumah radio perjuangan Bung Tomo di Jalan Mawar 10 yg sudah dibongkar pihak Jayanata selaku pemilik dua waktu lalu.

“Aksi ini bukan aksi yg main-main, namun serius mulai mengawal selalu perkara penghancuran rumah radio Bung Tomo,” kata salah seorang koordinator KBRS Wawan ketika mendatangi gedung DPRD Surabaya, Jumat.

Menurut dia, pihaknya mengingatkan segala pihak yg terlibat bagi langsung memberi kepastian tentang Rumah Radio Bung Tomo. Pihak Jayanata, DPRD Surabaya, dan Wali Kota Surabaya harus meminta maaf atas tragedi penghancuran rumah ini.

“Kami juga mendesak kepada kepolisian dan PPNS Surabaya agar langsung mempublikasikan hasil penyidikannya, jangan ada yg bermain-main terhadap perkara ini,” kata Wawan.

Sebelumnya, sejumlah warga yg tergabung dalam KBRS melakukan aksi di lokasi Rumah Radio Bung Tomo, Jalan Mawar 10, dulu bergeser ke PT Jayanata sebagai pihak pembeli bangunan cagar budaya tersebut yg kemudian terjadi penghancuran. Setelah itu masa melanjutkan aksi menuju ke gedung DPRD Surabaya dan terakhir ke rumah dinas Wali Kota Surabaya.

Aksi dikerjakan dengan memulai berdoa di depan Rumah Radio Bung Tomo dan menabur tanah makam Bung Tomo di sekitar area Jayanata, pembakaran dupa, tabur bunga, beras kuning, pecah kendi sebagai simbol kematian. Hal yg sama mulai dikerjakan di Gedung DPRD serta rumah dinas walikota Surabaya.

Hal senada dikatakan Yanto dari Masyarakat Peduli Cagar Budaya. Ia menyampaikan telah seharusnya semua warga Surabaya bersama-sama menyelamatkan simbol arek Suroboyo dari rencana penghancuran sehingga kehilangan identitas.

“Siapa lagi yg mulai kalian harapkan buat menjaga nilai-nilai kepahlawanan ini. Jika pemerintah sebagai pelindung kami lalai dan telah tak peduli lagi, maka kami harus bergerak dan lawan,” ujarnya.

Rumah Radio Bung Tomo di Jalan Mawar 10 yaitu bangunan yg ditetapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya sebagai bangunan cagar budaya berdasarkan keputusan walikota Surabaya No 188.45/004/402.2.04/1998. Namun ketika ini kondisinya hancur tidak tersisa karena dirobohkan Jayanata.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Kata Kunci Banyak Di Cari

akuarium ikan dari stik,berhijab bokeb sutorejo,preman terkenal di surabaya,cari bang titil surabaya,lokasi bank titil surabaya,tempat bang titil di surabaya,
loading...
Loading...