Jokowi Minta Bank Jangan Hanya Urus Kredit Pengusaha Besar

Posted on
loading...

JAKARTA, Akulagi.com – Presiden Joko Widodo meminta perbankan turut berperan dalam menurunkan kesenjangan sosial.

Salah sesuatu caranya adalah dengan selalu memberikan kredit kepada masyarakat kecil yg hendak mengembangkan usahanya.

“Jangan semangatnya kalau ngurus yg gede-gede. Saya senang yg gede juga berkembang, tetapi aku juga senang kalau yg kecil ini ikut berkembang,” kata Jokowi dalam ‘Pertemuan Awal Tahun Pelaku Industri Keuangan Tahun 2017’ di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Jokowi mengatakan, ketika ini terdapat 57,9 juta jumlah usaha mikro kecil dan menengah. Namun yg mempunyai akses pada perbankan masih sangat minim.

“Ini tugas saudara bagaimana memperbesar. Kejar mereka, jangan tunggu mereka. Enggak mulai mereka tiba ke bank. Mau buka pintunya tiba ke bank aja bingung karena buka tutup sama,” ucap Jokowi.

Namun, Jokowi juga mengingatkan perbankan agar tak memberikan kredit secara asal-asalan, melainkan cuma ke sektor produktif.

(Baca: Jokowi Minta Jajarannya Kerja Mati-matian Turunkan Kesenjangan)

“Misalnya bagi petani agar dapat membeli pupuk dan bibit. Ajari mereka pembukuan sederhana. Berikan mereka buku-buku sederhana buat dapat mencatat uang masuk dan keluar. Mereka biar mengerti,” ucap Jokowi.

Sebelumnya, Presiden mengakui bahwa kesenjangan ekonomi masyarakat masih jomplang dan mesti diturunkan. Bahkan dia meminta jajarannya buat kerja mati-matian menurunkan disparitas ekonomi. 

Kompas TV Tahun Depan, Bunga Kredit Masih Bisa Turun?

 

Sumber: http://nasional.kompas.com

loading...
Loading...