Mulai 2017, Sekolah Dibolehkan Himpun Dana Sukarela Dari Masyarakat

Posted on
loading...

JAKARTA, Akulagi.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkapkan, akan tahun ini, setiap sekolah diizinkan menghimpun dana yg bersifat sukarela dari masyarakat, terutama dari para donatur dan alumni.

Menurut Muhadjir, dalam waktu dekat, dia mulai menerbitkan peraturan menteri (permen) yg mengatur hal tersebut.

“Pada dasarnya setiap sekolah diperbolehkan bagi menghimpun dana yg bersifat sukarela dari masyarakat. Itu nanti mulai ada permen yg diterbitkan oleh Kemendikbud,” ujar Muhadjir ketika ditemui usai meresmikan workshop Peran Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) di gedung Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2017).

Muhadjir menjelaskan, jumlah dana bantuan operasional sekolah (BOS) dari pemerintah ketika ini tak cukup bagi membiayai setiap sekolah yg ada di Indonesia.

Oleh sebab itu, dia berharap masyarakat ikut berperan dengan memberikan sumbangan secara sukarela.

Dia juga mengaku sudah mengomunikasikan rencana ini dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

“Kalau sekolah itu cuma mengandalkan BOS tak mulai dapat maju tanpa ada kesadaran dari masyarakat buat ikut berikan sumbangan sukarela, terutama para alumnus,” kata Muhadjir.

“Beliau (Wiranto) tak persoalan yang berasal itu resmi, tak melanggar UU dan pemanfaatannya betul-betul buat pengembangan sekolah serta transparan,” tambahnya.

Kompas TV Orangtua Siswa Kecewa dengan Sikap Sekolah

Sumber: http://nasional.kompas.com

loading...
Loading...