Kembali Datangi Pasar Kajen, Jokowi Ingin Penuhi Janjinya

Posted on
loading...

JAKARTA, Akulagi.com – Presiden Joko Widodo mendatangi Pasar Kajen, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (9/1/2017).

Pasar itu relatif dikenal Jokowi. Sebab ketika masih berstatus sebagai calon presiden, Jokowi pernah dicegat lima ribuan orang yg memenuhi area pasar.

Saat itu, mereka menanti kehadiran Jokowi bagi mengatakan sepatah beberapa patah kata.

Berdasarkan siaran pers resmi Istana, Jokowi mengungkapkan alasan mengapa dia kembali lagi ke pasar itu.

“Saya kembali lagi mau memperbaiki (pasar) ini,” ujar Jokowi.

(baca: Harga Cabai Melonjak, Ini Komentar Jokowi)

Rupanya, ketika mendatangi pasar ini beberapa tahun lalu, Jokowi pernah berjanji buat merevitalisasi pasar tersebut kepada para pedagang.

Presiden menginstruksikan jajarannya agar pasar itu dibenahi. Jokowi ingin pasar itu menjadi tempat promosi produk-produk lokal.

“Saya cuma ingin memerintahkan agar pasar ini direhab, terutama lantai kemudian pengelolaan mengenai kios di dalamnya,” ujar dia.

Jokowi mempercayakan pembangunan kembali Pasar Kanjen itu kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan.

“Ini mau disiapkan Pak Bupati dulu. Nanti kalau bisa, pakai anggaran tahun ini atau paling tak maksimal tahun depan. Karena Pasar Induk Kajen ini utama sekali untuk produk-produk di sekitar Pekalongan,” ujar Jokowi.

“Maksimal tahun depan rampung. Di dalam tadi aku tanya ke pedagang omzet sangat ramai. Paling cuma perlu penataan kios dan lantai saja,” lanjut dia.

Jokowi sempat bertanya kepada para pedagang mengenai omzet penjualannya. Para pedagang mengaku penjualan di pasar yg menampung hingga 1.759 pedagang itu sangat ramai.

Diketahui, Jokowi pernah mendatangi pasar itu pada Kamis (19/6/2014) sore. Saat itu, Jokowi mengatakan keinginannya buat menjadikan pasar tradisional di Indonesia bersih dan tertata.

“Sekarang yg utama adalah membuat pasar-pasar tradisional bersih sehingga tak kalah dari supermarket modern. Oleh sebab itu, tak cuma Pasar Kajen yg bersih tetapi juga seluruh pasar tradisional di Pekalongan, segala pasar di Indonesia,” ucap Jokowi ketika itu.

Menurut Jokowi, pasar tradisional yaitu pusat pengembangan ekonomi mikro. Berbagai kebutuhan yg ada di pasar yaitu produk-produk masyarakat kecil dan menengah sehingga menolong perekonomian mereka.

“Di pasar tradisional seperti Pasar Kajen ini tempat dipasarkannya produk-produk petani dan nelayan,” terang Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut saat itu.

Sebuah insiden sempat terjadi ketika itu. Awalnya, Jokowi hendak menyapa warga dengan menaiki besi tepi tangga yg lebih tinggi.

Namun, saat Jokowi baru menjejakkan sesuatu kakinya, besi itu oleng karena tak kuat menahan berat tubuhnya dan puluhan orang yg ikut mengerumuninya.

Jokowi sempat terdorong ke depan dan nyaris jatuh ke lautan manusia di bawah tangga besi itu.

Para pengawal pribadinya segera menahan tubuh Jokowi yg mencari pijakan yg lebih kuat.

Akhirnya, Jokowi mendapatkan pijakan kuat, yakni di tiang besi tepat di dekat tiang lampu jalan. Kaki Jokowi berpijak di besi tangga.

Sementara, tangannya setengah memeluk tiang lampu jalan sehingga lebih stabil berdiri. Kemudian, Jokowi mengacungkan jari tengah dan telunjuk.

Kompas TV Jokowi: Sesama Anak Bangsa Harus Bersatu

Sumber: http://nasional.kompas.com

Kata Kunci Banyak Di Cari

http://akulagi com/Berita-harga wallpaper dinding di pasar asemka,jokowi undercover pdf,harga wallpaper dinding di asemka,
loading...
Loading...