Komisi II Anggap Tak Ada Alasan Tolak Calon Anggota KPU Dan Bawaslu

Posted on
loading...

JAKARTA, Akulagi.com – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat RI Arif Wibowo mengatakan, hingga ini Komisi II belum mengeluarkan sikap resmi terhadap seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yg tengah berlangsung.

Hal tersebut menanggapi pernyataan Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang- Undang Pemilu Lukman Edy yg memperkirakan calon-calon tersebut mulai ditolak DPR.

“Sampai ketika ini tak ada alasan bagi menolak hasil seleksi calon KPU dan Bawaslu karena belum rapat,” ujar Arif dalam diskusi di Jakarta, Minggu (8/1/2017).

Meski begitu, Arif tidak menampik adanya hak Komisi II buat menolak calon yg diajukan tim seleksi. Namun, menurut dia, apa yg diutarakan Lukman bukan yaitu sikap keseluruhan Komisi II.

“Kalau ada wacana yg dilempar, kritisi juga alasan apa bagi menolak calon tersebut,” kata Arif.

(Baca: Presiden Bentuk Pansel Komisioner KPU, Ini Ketua dan Anggotanya)

Sebagaimana dikutip Antara, Lukman memperkirakan hasil seleksi tahap kedua calon anggota KPU dan Bawaslu berpotensi ditolak oleh Komisi II karena dinilai masih ada yg memiliki persoalan.

“Salah sesuatu masalah yg menjadi sorotan adalah masih adanya keanggotaan Pansel (Panitia Seleksi) calon anggota KPU dan Bawaslu yg merangkap jabatan sebagai komisaris BUMN, pejabat PNS, dan sebagai penyelenggara pemilu. Rangkap jabatan tersebut dinilai bertentangan dengan amanah UU,” kata Lukman melalui siaran persnya.

Menurut Lukman, dua fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat RI sejak awal telah mengingatkan adanya masalah hukum pada keanggotaan Pansel calon anggota KPU dan Bawaslu yakni merangkap jabatan yg mampu menimbulkan ekses sarat kepentingan.

Politisi PKB ini juga menyoroti, adanya temuan komunikasi intensif antar-anggota Pansel dengan calon anggota KPU dan Bawaslu. Hal ini tentunya melanggar etika seperti yg terjadi pada ketika rekruitmen anggota Ombudsman RI pada tahun 2016.

Sumber: http://nasional.kompas.com

loading...
Loading...