Keluarga Dan Sahabat Wiji Thukul Undang Presiden Tonton “Istirahatlah Kata-kata”

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Keluarga dan sahabat penyair Wiji Thukul mengundang presiden Joko Widodo buat menonton film “Istirahatlah kata-kata”.

Film tersebut mengisahkan saat-saat di mana Wiji Thukul harus bersembunyi dari kejaran aparat Orde Baru dengan melarikan diri ke Pontianak selama delapan bulan pasca kerusuhan 27 Juli 1996 di Jakarta.

“Bagi kita utama sekali kehadiran presiden Jokowi karena terutama secara personal sejak saat beliau masih menjadi walikota Solo telah kenal secara personal dengan keluarga Wiji Thukul,” kata Mugiyanto Sipi, sahabat Wiji Thukul, dalam temu media di Jakarta, Minggu.

Hal tersebut dibenarkan oleh adik Wiji Thukul, Wahyu Susilo.

“Penting buat kalian buat mengundang presiden Jokowi karena memang selama beliau waktu itu masih menjadi walikota, dua peringatan jatuhnya Orde Baru dan dua kali pembacaan puisi juga sempat difasilitasi,” ujar dia.

“Kemudian juga pada ketika beliau menjadi gubernur Jakarta, dia juga menyempatkan diri mengundang keluarga, bahkan dia mengatakan dia sangat suka kepada puisi berjudul “Peringatan,” sambung dia.

Keluarga Wiji Thukul secara khusus mulai meminta presiden Jokowi bagi menonton film tersebut yg mulai diputar serentak di delapan kota akan 19 Januari 2017.

Mugiyanto menyampaikan bahwa pada Selasa, 10 Januari, pihak keluarga dan sahabat mulai pergi ke Istana Negara buat mengatakan undangan menonton film tersebut kepada presiden.

“Saya berharap Pak Jokowi bersedia menonton film ini karena aku masih ingat bahwa Pak Jokowi juga salah sesuatu pengagum karya Bapak saya,” kata Fitri Nganthi Wani, anak Wiji Thukul.

Tidak cuma presiden Jokowi, keluarga dan sahabat Wiji Thukul juga mulai mengundang dua pihak yg selama ini, menurut Mugiyanto, banyak menolong kampanye penyelesaian masalah terkait Wiji Thukul, orang hilang, merupakan Iwan Fals dan Slank

“Jadi kita juga mengharapkan mereka mampu hadir, nonton film ini,” ujar Mugiyanto.

Iwan Fals pernah membuat lagu dari puisi “Wani” karya Wiji Thukul dengan judul “Pulanglah Pak”.

VIDEO:
https://youtu.be/-7AfWP88Zmc

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

loading...
Loading...