GKR Mangkubumi Ajak Desain Batik Gambarkan Cerita

Posted on
loading...

Bantul (Akulagi.com) – Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi mengajak para perajin maupun pendesain batik di Daerah Istimewa Yogyakarta dapat menggambarkan suatu cerita melalui desain batik dalam selembar kain tersebut.

“Kami ajak kepada para perajin batik, pendesain batik tak cuma sekadar desain batik dengan indahnya warnanya batik, tetapi bagaimana sebuah lembaran batik itu mempunyai cerita,” kata GKR Mangkubumi di Kabupaten Bantul, Minggu.

Dengan demikian, kata putri pertama pasangan Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan GKR Hemas dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini, seseorang yg mengenakan pakaian batik dengan desain cerita itu menjadi bangga.

GKR Mangkubumi mengatakan, kalau jaman dahulu para tokoh masyarakat termasuk pihak Keraton kalau mulai melakukan negosiasi dengan pejabat, menggunakan batik yg motifnya sendiri-sendiri, begitu juga dalam midodareni tradisi jawa dalam pernikahan.

“Makanya ayo kami ulang lagi, kalau sekarang ini batik tak cuma digunakan buat kain dalam acara tradisional atau upacara tradisi, tapi bagaimana dalam keseharian bahwa sebuah kain batik milik cerita dan makna,” katanya.

Menurut dia, cerita yg digambarkan dalam selembar kain batik juga tak harus panjang, namun singkat yg memiliki makna. Dan makna tersebut menjadi ciri khas dari daerah masing-masing perajin atau pembatik.

“Saya harap perajin tak cuma sekadar membatik saja, tetapi cerita dalam sesuatu lembar kain harus ada, meski ceritanya sangat simpel dan singkat yg utama cerita. Sehingga yg mengenakan tahu maksud yg ingin disampaikan,” katanya.

GKR bersama perajin batik Desa Srigading yg milik karya batik bertema Yogya Istimewa dan diluncurkan pada Sabtu (7/1) ini juga mengajak warga Yogyakarta menggelorakan Gerakan Cinta Batik guna mendukung Yogya Kota Batik Dunia.

“Desain batik Yogya Istimewa yg kami luncurkan itu cerinta banyak dan panjang, dan aku bangga dengan desain yg milik makna dan filosofi tinggi. Jadi ini termasuk sosialisasi Keistimewaan Yogyakarta dengan batik itu,” katanya.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Kata Kunci Banyak Di Cari

biografi wali paidi,naruhina lucu,komikk xxxx 3D,kisah wali paidi,digilir mahluk halus,cerita wali paidi 19,cerita slendrina asylum,cerita slendrina,cerita sexx artis indonesia,cerita katelyn nicole,
loading...
Loading...