Proyek Mobil Mewah Nissan-Mercy Gagal

Posted on
loading...

Las Vegas -Proyek mobil mewah antara Nissan dan unit Daimler, Mercedes-Benz dibatalkan. Padahal proyek itu yaitu salah sesuatu proyek kunci dari kerja sama Mercy-Nissan dalam 7 tahun terakhir.

Seperti dilansir Reuters, pembatalan proyek ini berpotensi mengancam keuntungan pabrik bersama Nissan-Daimler di Meksiko. Namun menurut sumber di perusahaan, keputusan ini diambil sebelum Donald Trump terpilih jadi presiden Amerika dan tak terkait dengan kampanye Trump yg mulai memberikan penalti untuk produsen mobil yg membuat mobil di Meksiko buat Amerika.

Nissan menetapkan di bulan Oktober lalu, merek mewah di bawah naungan Nissan yakni Infiniti takkan memakai platform punya Daimler MFA2 yg telah diupgrade. Platform itu dikembangkan oleh kedua perusahaan.

Jika Infiniti dipaksakan memakai platform Daimler itu, maka Infiniti tak mulai memiliki performa penjualan yg bagus karena tingginya biaya teknologi Mercy.

“Tidak memungkinkan bagi meneken perjanjian dengan basis MFA2, target yg disiapkan Infiniti terlalu tinggi bagi diraih,” ujar sumber itu.

Langkah ini pastinya mulai mengurangi efisiensi pabrik senilai US$ 1 miliar yg telah dibuka di Aguascalientes, Meksiko, dimana kedua perusahaan telah berencana membangun beraneka mobil kompak bagi mengurangi kompleksitas dan mengurangi biaya produksi.

Selain itu langkah ini juga mulai memaksa Nissan bagi menghapus buku sebagian dari investasi sebesar US$ 306 juta di pabrik Inggris yg memakai peralatan Mercedes.

Keputusan Nissan juga mulai mempengaruhi perjanjian kerja sama antara Renault-Nissan serta Daimler di tahun 2010.

Nissan dan Daimler terakhir bekerja sama dalam memproduksi mobil pikap.

(ddn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

loading...
Loading...