Pria Bersenjata Tewaskan Delapan Penambang Di Afghanistan

Posted on
loading...

Kabul (Akulagi.com) – Pria bersenjata tak dikenal menewaskan delapan warga minoritas Hazara yg bekerja di tambang di Provinsi Baghlan, Afghanistan utara, kata pejabat daerah setempat.

Faiz Mohammad Amiri, gubernur wilayah Taleh va Barfak, menyampaikan delapan orang yg meninggal dan tiga lainnya yg terluka, seluruhnya berasal dari Provinsi Daykundi di Afghanistan tengah.

Mereka ditembak setelah diturunkan dari kendaraan bermotor pada Jumat.

Amiri menuduh Taliban sebagai pelaku, yg menguasai daerah tempat peristiwa itu terjadi, namun gerakan itu menyanggah terlibat.

“Orang yg bekerja di tambang itu mendapat izin dari kita dan hubungan kita dengan mereka cukup baik,” kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.

“Mereka tak membawa masalah.”

Dia menuding “arbakis” atau anggota tidak resmi milisi lokal sebagai pelakunya.

Hazara adalah kelompok minoritas berbahasa Persia yg sejak lama menghadapi diskriminasi dan kekerasan di Afghanistan.

Tahun dulu sejumlah orang Hazara terbunuh dalam serangkaian peristiwa serangan di Kabul, yg sebagian diklaim kelompok ISIS.

Kejadian itu menegaskan situasi keamanan yg mengerikan di negara tersebut, dimana pemerintah ketika ini cuma dapat menguasai beberapa pertiga wilayah negara dan kekerasan terjadi hampir setiap hari. (Uu.M007)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

loading...
Loading...