Ledakan Truk Tanki BBM Tewaskan Puluhan Orang Di Suriah

Posted on
loading...

Beirut (Akulagi.com) – Ledakan sesuatu truk bermuatan bahan bakar minyak (BBM) di pusat kota yg dikuasai pemberontak dekat perbatasan Suriah dengan Turki pada Sabtu dilaporkan menewaskan lebih dari sepuluh orang dan mencederai puluhan orang lainnya.

Observatorium Suriah bagi Hak Hak Asasi melaporkankan bahwa sedikit-dikitnya 48 orang, sebagian besar waarga sipil, tewas saat truk tanki itu meledak di depan gedung pengadilan di kota Azaz, di Suriah bagian Utara.

Sekitar 14 dari mereka yg tewas adalah para pemberontak atau penjaga gedung pengadilan, catat lembaga tersebut, layaknya dikutip Reuters.

Lebih 10 orang lagi menderita cedera serius, kata observatorium yg memantau aksi kekerasan di Suriah.

Dalam komentar-komentar yg tidak menyebutkan sumber-sumbernya, Dogan yg menjadi kantor berita swasta Turki juga melaporkan sesuatu bom mobil diletakkan oleh kelompok ISIS. Namun, sejauh ini belum ada klaim bahwa kelompok itu yg bertanggung jawab.

Kantor berita negara Turki Anadolu mengutip informasi seorang dokter di Azaz yg melaporkan bahwa sedikit-dikitnya 60 orang tewas dan lebih 50 orang luka-luka dalam peristiwa berdarah itu.

Seorang warga Azaz yg pergi ke rumah sakit lokal menyampaikan kepada Reuters, ia sudah menghitung sekira 30 jasad terbujur di sana.

Perang yg berlangsung hampir enam tahun di Suriah sudah menciptakan perpecahan di seantero negara itu, dan Azaz yaitu benteng Tentara Suriah Bebas yg didukung Turki (FSA).

FSA adalah aliansi kelompok-kelompok pemberontak yg para pejuangnya dengan dukungan militer Turki mendesak militan ISIS keluar kawasan itu.

Ledakan Sabtu terdengar di sepanjang perbatasan di kota Kilis, Turki, menurut Dogan.

Anadolu melaporkan 23 orang yg cedera sudah diangkut sejumlah ambulans ke rumah sakit Kilis, dan sesuatu di antara mereka kemudian meninggal dunia.

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

loading...
Loading...