Wartawan Berperan Strategis Kenalkan ASEAN

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Direktur Urusan Komunikasi Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Lee Yoong Yoong menyampaikan bahwa wartawan berperan sangat strategis mengenalkan lembaga itu menjadi lebih dekat ke masyarakat, terutama dalam kerangka Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yg disepakati Desember 2015.

“Kami sudah melaksanakan survei, dan hasilnya 75 persen masyarakat umum kurang mengetahui apa itu ASEAN,” ujarnya dalam sambutan pembuka pada Pertemuan Dewan Direksi Konfederasi Wartawan ASEAN (CAJ) di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan, sebagian besar masyarakat di negara-negara ASEAN memahami nama organisasi tersebut, namun tak mengetahui apa yg dikerjakan maupun manfaat dari program-programnya.

“Keterlibatan media sangat utama dalam menyediakan keterangan yg akurat mengenai ASEAN, dan isu-isu terkini di kawasan sekaligus mencegah pemberitaan yg bias,” ujar Lee.

Menurut dia, wartawan berposisi utama karena bisa memperbaiki dan menghindarkan masyarakat dari kesalahpahaman mengenai isu-isu yg berkembang sembari membimbing masyarakat dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang-peluang yg tercipta dari MEA.

“Wartawan dan media bisa menolong masyarakat dalam membangun pemikiran, mengambil keputusan dan manfaat dari setiap peluang MEA,” katanya menambahkan.

Pertemuan Dewan Direksi CAJ dilaksanakan di Jakarta pada 5 hingga 8 Januari 2016, yg dihadiri oleh delegasi dari Filipina, Indonesia, Laos, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

CAJ didirikan di Jakarta pada 11 Maret 1975 oleh para utusan dari organisasi wartawan nasional negara-negara anggota ASEAN.

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

loading...
Loading...