Museum London Copot Replika Dinosaurus Dippy Setelah Seabad

Posted on
loading...

London (Akulagi.com) – Replika kerangka dinosaurus “Dippy”, tampil buat terakhir kalinya pada Rabu (4/1) setelah selama lebih dari 100 tahun menjadi pusat perhatian di Natural History Museum London.

Fosil Diplodocus yg terdiri dari 292 gips tulang itu telah seabad lebih menyambut pengunjung di pintu masuk museum tersebut, namun sekarang mulai diganti oleh kerangka seekor paus biru.

Lebih dari 90 juta orang telah melihat “Dippy” sejak dipajang di sana oleh Andrew Carnegie pada 1905, menyusul penemuan kerangka itu di negara bagian Wyoming pada 1898.

Berukuran sepanjang 21,3 meter dan setinggi 4,25 meter, kerangka tersebut mendominasi Hintze Hall sejak dipindahkan ke sana pada 1979, membuat anak-anak dan orang dewasa terkagum-kagum.

Kabar bahwa kerangkanya mulai dipindahkan menuai kemarahan publik, namun pihak museum menegaskan bahwa “Dippy” mulai menjangkau penonton baru selama tur beberapa tahun di Inggris – sebelum diawetkan bagi generasi penerus dalam bentuk patung perunggu di taman museum.

Sebagai penggantinya mereka mulai memajang kerangka seekor paus betina sepanjang 25,2 meter yg terdampar di Irlandia pada 1891.

Penerjemah: Monalisa

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

loading...
Loading...