Ledakan Di Sadr, Baghdad Tewaskan Sedikitnya 16 Orang

Posted on
loading...

Baghdad/Tikrit (Akulagi.com) – Setidak-tidaknya 16 orang tewas akibat bom mobil di lapangan Sadr, Baghdad, pada Senin pagi, sementara serangan ISIS terhadap sejumlah sarana militer di utara ibu kota itu menewaskan 16 anggota pasukan pendukung pemerintah, kata sumber.

Belum ada pernyataan segera terkait siapa di balik kejadian itu, yg juga melukai lebih dari 40 orang, namun ISIS tidak jarang menyasar wilayah umum di ibu kota itu, meski mereka sudah kehilangan banyak wilayah, yg didudukinya pada 2014.

Tiga bom menewaskan 29 orang di ibu kota itu pada Sabtu dan serangan di dekat kota Najaf pada Minggu, yg menewaskan tujuh polisi.

Pasukan Irak dukungan Amerika Serikat bertempur bagi memukul ISIS dari Mosul di utara, markas terakhir kelompok itu di negeri tersebut, namun menghadapi perlawanan berat.

Perebutan kembali Mosul kemungkinan menyebabkan ISIS berakhir, namun perjuangnya masih bisa melakukan gerilya di Irak dan merencanakan atau memicu sejumlah serangan di negara Barat.

Sejak penyerangan dimulai pada 17 Oktober lalu, pasukan khusus sudah merebut seperempat kota Mosul dalam operasi terbesar di Irak sejak invasi AS 2003 dahulu yg melengserkan Saddam hussein. Perdana Menteri Haider Al Abadi sudah menyampaikan bahwa kelompok itu mulai disingkirkan dari negara itu pada April.

Saat bentrokan berlanjut di dalam dan sekitar Mosul pada Senin, kelompok ISIS juga menyasar sejumlah lokasi militer yg berada jauh dari lokasi bentrok.

Petemur menyerang asrama militer dekat Baiji, sekitar 180 kilometer ke arah utara Baghdad, menewaskan empat orang tentara dan melukai 12 orang lain, sejumlah sumber aparat menyebutkan.

Mereka merebut persenjataan yg ada di lokasi dan launching mortar ke wilayah Shirqat, memaksa pasukan keamanan memberlakukan jam malam dan emnutup sekolah-sekolah dan perkantoran di kota itu, kata pejabat setempat dan sumber keamanan.

Wali Kota Shirqat Ali Dodah menyampaikan ISIS merebut tiga lokasi pos penjagaan di jalan raya yg menghubungkan Baiji dengan Shirqat menyusul serangan itu. Penyerangan Shirqat sudah menewaskan setidaknya beberapa orang anak, kata dia kepada Reuters.

Dalam kejadian terpisah, pelaku bersenjata menerobos sebuah desa dekat Udhaim, sekitar 90 kilometer ke arah utara Baghdad, dimana mereka menewaskan sembilan orang petarung Sunni, kata petugas.

Setidak-tidaknya tiga milisi Syiah pro-pemerintah juga tewas dan tujuh orang yang lain terluka ketika petempur menyerang tempat mereka di dekat Udhaim dengan mortir dan senapan mesin, kata polisi sebagaimana dilaporkan Reuters.

(Uu.Ian/KR-MBR)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Ledakan di Sadr, Baghdad tewaskan sedikitnya 16 orang Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...