Hobi Makan Makanan Asin, Waspada Perut Kembung Dan Badan Jadi ‘Melar’

Posted on
loading...

Jakarta, Tak hanya rasa manis, banyak orang yg juga hobi mengonsumsi makanan serba asin. Tak jarang ketika makan pun ia mulai menambahkan taburan garam.

Hati-hati, kebiasaan terlalu kadang mengonsumsi makanan asin bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan lho. Selain menimbulkan sensasi kembung, kebanyakan asupan garam juga mampu bikin gemuk.

Seperti dikutip dari Men’s Health, studi dari Australia menyebutkan bahwa orang yg makan pasta dengan saus asin mengonsumsi 11 persen lebih banyak kalori daripada mereka yg makan dengan jumlah garam lebih sedikit.

Baca juga: Ada Perubahan pH dalam Tubuh, Wajar Jika Ibu Hamil Ngidam Makanan Asam

Menurut peneliti Russell Keast, PhD, peningkatan kadar kalori ini terjadi karena asupan garam yg berlebihan bisa ‘menutupi’ rasa kenyang. Akibatnya, Anda mulai selalu makan meski sebenarnya telah kenyang.

Para penulis studi lainnya juga menyebutkan bahwa pada sebagian orang, konsumsi garam berlebihan bisa membuat makanan terasa jauh lebih enak, sehingga porsi makanan yg dikonsumsi pun meningkat. “Selain membuat nafsu makan meningkat, konsumsi garam berlebih juga memberi dampak negatif buat kesehatan tubuh,” ungkap Keast.

Semakin banyak asupan garam, semakin banyak natrium dalam tubuh kita. Salah sesuatu efeknya adalah tekanan darah yg menjadi ikut tinggi. Menurut penelitian, mengurangi asupan sekitar 4,6 gram garam bisa menurunkan tekanan darah.

Risiko persoalan jantung juga perlu diperhatikan. Sodium memang utama untuk tubuh kita, tapi seandainya dikonsumsi berlebihan justru dapat berbahaya. Salah sesuatu risikonya bahkan berkaitan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, yg berkaitan dengan penyakit jantung koroner, gagal jantung dan stroke.

Baca juga: Sering Sakit Kepala? Cobalah Kurangi Konsumsi Garam(ajg/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Hobi Makan Makanan Asin, Waspada Perut Kembung dan Badan Jadi ‘Melar’ Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...