Sejarah Desain “Boxy” Mulai Ditinggalkan Prinsipal Otomotif

Posted on
loading...

Washington, Akulagi.com – Jika ada yg pernah bertanya-tanya mengapa mobil di tiba-tiba berubah dari desain bodi “boxy” dengan sudut tajam dan kaku, menjadi lebih ramping dan melengkung? Ternyata itu bukan cuma sekedar tren.

Mengutip Carscoops, Minggu (1/1/2017) sebenarnya mobil dengan tubuh ramping dan curvy, telah hadir di 1930-an, seperti pada model Chrysler Airflow, di mana desain yg dimaksud bertujuan bagi mengurangi hambatan angin (bahan bakar menjadi lebih irit).

Namun, setelah era 1950-an dan 1960-an datang, mobil ramping memiliki penjualan yg buruk, dibanding mobil dengan desain tubuh besar dan kotak-kotak, terutama di Amerika. Lebih dari itu, ditambah lagi dengan keadaan harga bahan bakar minyak (BBMW/bensin) turun, membuat efisiensi BBMW tak benar-benar menjadi perhatian lagi.

Ini menyebabkan pada tahun 1970-an, mobil yg dibuat produsen Amerika memiliki bentuk desain bodi dengan lekukan tajam, dibanding model dengan tubuh curvy. Penjualan model mobil seperti itu juga sangat baik di sana.

Sementara di lokasi lain, Eropa, bahan bakar yg dijual milik harga yg cukupl mahal. Di mana pada tahun 1960, harga bensin per galon nya mencapai 73,1 sen, sementara di Amerika cuma 31 sen dengan volume yg sama.

Atas dasar itu para insinyur di Eropa akan bereksperimen menciptakan desain mobil berprinsip aerodinamis, demi membuat mobil bermanuver dengan gampang dan mampu mengurangi konsumsi bahan bakar.

Merek mobil mewah seperti Porsche, BMW, Mercedes-Benz dan Audi akan memperkenalkan buat pertama kalinya, eksterior “melengkung” pada 1960-an dan 70-an. Baru kemudian Amerika coba mengikuti, berharap buat menarik lebih banyak pembeli.

Namun harapan mereka pupus, dan akhirnya menetapkan bagi menunda produksi mobil dengan desain eksterior melengkung, sampai akhirnya Ford Taurus hadir pada 1986, di mana ini menjadi sangat populer. Jadi intinya, perubahan desain mobil bukan cuma persoalan gaya, tetapi juga terkait urusan fisika dan konsumsi bahan bakar.

Berikut video penjelasannya.

Sumber: http://otomotif.kompas.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Sejarah Desain “Boxy” Mulai Ditinggalkan Prinsipal Otomotif Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...