Polisi Akan Bubarkan Demonstrasi Sidang Basuki Purnama Jika Tidak Tertib

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Wakil Kepala Polda Metro Jaya, Brigadir Jendral Polisi Suntana, menegaskan, seandainya tak tertib, polisi membubarkan demonstrasi di depan Gedung Kementerian Pertanian, di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu ini. 

Di sanalah sidang masalah penistaan agama dengan terdakwa Basuki Purnama digelar. Dulu, kompleks Kementerian Pertanian itu juga menjadi lokasi persidangan dugaan KKN atas diri Presiden Soeharto akan 31 Agustus 2000 namun tak pernah dia hadiri dengan alasan sakit.

“Sepanjang masih dalam kondisi tertib, kalian tak mulai bubarkan. Tapi seandainya ada potensi itu, seluruh kelompok mulai kalian bubarkan, tak hanya satu, tetapi semuanya kita bubarkan,” tegas Suntana ketika memantau lokasi luar sidang, Selasa.

Kendati demikian, Suntana menjelaskan, polisi sudah menyiapkan langkah-langkah mencegah gesekan massa, salah satunya dengan membangun sekat pemisah antar kelompok pendukung dan penentang Purnama memakai mobil perintis Barracuda dan meriam air.

Selain itu, polisi juga memantau pergerakan para demonstran sehingga seandainya ada oknum yg coba masuk ke kelompok yang lain bagi memprovokasi dapat segera ditarik agar kembali ke barisan kelompoknya.

“Yang jelas penyekatan, sterilisasi, batas antar kedua kelompok ini kalian bagi sedemikian rupa supaya mencegah konflik. Jika ada yg masuk (ke barisan kelompok lain), kalian ingatkan bagi kembali ke kelompoknya,” tambah Suntana.

Pantauan di lokasi, kedua kubu demonstran masih berorasi. Pendukung Purnama membacakan puisi tentang jasa-jasa dia selama memimpin DKI Jakarta, sementara kelompok penentang Purnama berorasi sambil meneriakkan takbir dan shalawat.

Sejumlah anggota aksi dari kedua kubu sempat turun ke jalur TransJakarta buat berorasi sehingga mengganggu laju kendaraan umum yg masih diizinkan melintas di depan Gedung Kementerian Pertanian. Hal itu membuat Kepala Polres Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Iwan Kurniawan, sempat menegur kedua kubu.

“Mari kalian jaga ketertiban. Sadarilah lokasi kegiatan ini terbatas jadi aku minta sodara-sodara berkumpul di tempat yg telah ditentukan, di belakang mobil komando,” kata dia melalui pengeras suara. 

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Polisi akan bubarkan demonstrasi sidang Basuki Purnama jika tidak tertib Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...