Catatan Pelanggaran Lalu Lintas Di Jakarta Pada 2016

Posted on
loading...

Jakarta, Akulagi.com – Pelanggaran dulu lintas pengendara mobil dan sepeda motor di wilayah hukum Polda Metro Jaya  (Jakarta, Tangerang Kota,  Bekasi dan Depok) Januari-November 2016, mengalami lonjakan 13,85 persen dibading periode yg sama tahun lalu.

AKBP Budiyanto, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya mengatakan, kalau hasil ini memang belum mampu digunakan sebagai ukuran atau cermin tingkat disiplin masyarakat, saat berlalu lintas. Namun, sedikit banyak dapat memberi gambaran, kalau dari aspek kuantitatif pelanggaran relatif masih tinggi.

“Argumentasi subjektif yg melatar belakangi juga beragam, akan dari persoalan kelalaian, kurang paham aturan, persyaratan teknis, kelaikan kendaraan, kesengajaan dan seterusnya. Meski begitu, minimal data ini dapat digunanakan sebagai renungan semua pemangku kepentingan, bagi mengambil bagian tanggung jawab sesuai dengan kewenangannya,” ujar Budiyanto, Sabtu (31/12/2016).

Dari data yg disajikan, sebelas bulan 2016 pelanggaran yg ditindak mencapai 1.181.543 pelanggar, sementara di 2015 sebanyak 1.037.828 pelanggar. Kendaraan roda beberapa masih mendominasi total jumlah pelanggaran, berjumlah 757.764 sepeda motor.

Kemudian dilihat dari profesi, yg paling banyak adalah pegawai swasta sebanyak 757.764 orang. Lalu terbanyak kedua adalah yang  berprofesi sebagai pengemudi, di angkat 164.611 orang di tahun 2016, dan mengalami penurunan 7 persen dibanding 2016.

“Meski data PMJ ini yaitu bagian terkecil dari permasalahan dulu lintas dan angkutan jalan, tetapi tentunya tak boleh terabaikan dari permasalahan dahulu lintas secara menyeluruh. Kemudian, perlu juga dicarikan langkah solutif, dari semua pemangku kepentingan sesuai kapasitas dan tanggung jawabnya,” ujar Budiyanto. 

Sumber: http://otomotif.kompas.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Catatan Pelanggaran Lalu Lintas di Jakarta pada 2016 Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...