Otoritas Pastikan KM Zahro Express Laik Berlayar

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Laut Tonny Budiono menyatakan KM Zahro Express layak berlayar sebelum mengalami kebakaran di perairan Kepulauan Seribu.

“Berdasarkan laporan yg kita terima, Surat Persetujuan Berlayar (SPB) Zahro Express dikeluarkan oleh Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muara Angke dan dinyatakan layak buat berlayar,” kata dia di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Minggu malam.

Selain itu, menurut Tonny, sertifikat keselamatan kapal penumpang yg dikeluarkan KSOP Muara Angke juga masih mulai berlaku hingga Juni 2017 sehingga tak melanggar peraturan.

Tonny membantah kabar muatan kapal yg berlebih saat sedang berlayar ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

“Kapal itu mengangkut 184 orang, termasuk enam orang anak buah kapal dan kapasitas kapal adalah 285 orang. Jadi masih di bawah kapasitas dari kapal tersebut,” tandas dia.

Ia mengungkapkan kapal penumpang ini dibuat pada 2013 yg secara fisik tak dianggap sebagai penyebab kebakaran. “Saat kejadian, keadaan cuaca di wilayah Kepulauan Seribu pun sedang normal,” tambah Tony.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sendiri mulai mengambil langkah tegas terhadap pihak yg melanggar aturan dalam menjalankan Zahro Express.

“Kami mulai memeriksa pemilik kapal atau penyelenggara kapal, maupun pihak-pihak dari internal Kementerian Perhubungan. Jika melanggar mulai kami tindak,” tegasnya.

Kapal Zahro Express terbakar di tengah laut di sekitar Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, wilayah Jakarta Utara, sekitar pukul 09.00 WIB. 23 orang meninggal dalam kejadian ini, sedangkan 17 orang hilang dan 194 orang selamat.

Hingga kini belum diketahui penyebab kapal penumpang tujuan Pulau Tidung itu terbakar.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Otoritas pastikan KM Zahro Express laik berlayar Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...