Karena Evolusi, Makin Banyak Orang Yang Sakit Sendi

Posted on
loading...

Jakarta, Karena evolusi, pakar memprediksi bahwa radang sendi yg dialami manusia mampu jadi semakin buruk dari waktu ke waktu. Lantas apa pentingnya hal ini?

Berawal dari rasa penasaran Dr Paul Monk dari Nuffield Department of Orthopaedics, Rheumatology dan Musculoskeletal Sciences, Oxford University, saat melihat macam radang sendi yg dialami pasien-pasiennya.

“Ada yg nyeri di bahu saat mengangkat tangannya ke atas kepala, ada yg nyeri di lutut, atau radang di pinggul. Bahkan pada generasi muda, ada dua sendi mereka yg rasanya seperti ingin menonjol keluar,” jelasnya.

Monk dan rekan-rekannya kemudian mempelajari 300 sampel tulang dan fosil dari berbagai spesies yg hidup dalam rentang waktu 400 juta tahun, seperti reptil, primata dan manusia purba. Spesimennya diambil dari Natural History Museum di London dan Smithsonian Institution, Washington.

Baca juga: Lutut Sakit Saat Naik-Turun Tangga, Apa Sebabnya?

Dari data-data tersebut, peneliti bisa menciptakan model-model 3D (tiga-dimensi) bagi kemudian dibandingkan sesuatu sama yang lain agar dapat dilihat bagaimana perubahan tulangnya selama jutaan tahun.

Ternyata, saat manusia akhirnya mampu berdiri tegak di atas kedua kakinya, maka ketika itulah tulangnya akan berubah. Monk menjelaskan, salah sesuatu yg dilihatnya adalah penebalan tulang paha buat mendukung bobot manusia.

Padahal saat tulang paha seseorang makin tebal, maka risiko radang sendinya juga makin besar.

“Menariknya, dari waktu ke waktu bentuk tulang paha manusia juga makin lama makin lebar, yg mengindikasikan bahwa radang sendinya juga makin tidak jarang terjadi,” ungkapnya seperti dilaporkan The Telegraph.

Pola yg sama juga ditemukan pada bahu. Faktanya, gap atau celah alami di bahu, di mana tendon dan pembuluh darah berada, menjadi makin sempit dari waktu ke waktu. Padahal semakin sempit celah ini, maka orang-orang makin kesulitan bagi menggerakkan lengannya, semisal mengangkatnya hingga ke atas kepala.

Peneliti berharap temuan ini mampu memberikan panduan tim medis dalam menangani persoalan radang sendi yg trennya kemungkinan mulai semakin meluas di masa depan.

Baca juga: Agar Tak Nyeri Pinggang, Begini Posisi Duduk dan Angkat Barang yg Benar (lll/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Karena Evolusi, Makin Banyak Orang yang Sakit Sendi Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

lina geboy perut,
loading...
Loading...