Raja Thailand Serukan Persatuan Dalam Pidato Tahun Baru

Posted on
loading...

Bangkok (Akulagi.com) – Raja Thailand, MahaVajiralongkorn, menyerukan persatuan dalam pidato pertamanya buat menyambut Tahun Baru sejak ia naik tahta menggantikan ayahnya yg mangkat.

Raja Bhumibol Adulyadej, ayah Vajiralongkorn, selama ini dipandang sebagai kekuatan pemersatu di Thailand yg dilanda konflik politik selama bertahun-tahun.

Kemunculan raja baru diamati secara seksama dan pidatonya yg sudah direkam terlebih dulu dan disiarkan bagi publik yaitu yg kedua kali sejak ia naik tahta pada 1 Desember setelah Raja Adulyadej mangkat.

Raja baru itu masih harus menaikkan popularitas yg ayahnya nikmati dan sudah banyak menghabiskan banyak waktu dari masa dewasanya di luar negeri.

“Apapun persoalan yg mungkin kami hadapi di negeri kita, kami percaya seandainya kami bekerja sama kami mampu mengatasinya,” kata Vajiralongkorn, dalam pidato yg disiarkan Sabtu malam.

Ia mengucapkan terima kasih kepada publik atas loyalitas yg ditunjukkan kepada ayahnya, masih berkabung setelah berkuasa selama tujuh dekade. Pesta kembang api yg biasa dikerjakan menjelang Tahun Baru di Bangkok sudah dibatalkan tahun ini demi penghormatan atas periode berkabung.

Dalam dua minggu ke depan, Vajiralongkorn diperkirakan mulai mengesahkan konstitusi yg dirancang pemerintah militer buat memulai proses pemulihan demokrasi.

Militer menggulingkan pemerintahan terpilih pada 2014 dan memberlakukan kondisi tenang dalam politik di sesuatu negara yg terbagi lebih dari sesuatu dekade akibat konflik antara kubu mapan yg setia dengan kerajaan dukungan militer dan kubu politik populis.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Raja Thailand serukan persatuan dalam pidato tahun baru Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...