Indonesia Topang Pasar Mobil ASEAN

Posted on
loading...

Bangkok, Akulagi.com – Performa bisnis otomotif roda empat  ASEAN di November merangkak naik 0,6 persen atau menjadi 286.524 unit mobil, di mana penjualan yg akan membaik di Indonesia, menolong mengatasi kemerosotan besar di Thailand.

Penjualan mobil baru di Thailand anjlok 15 persen dibanding November 2016, menjadi 64.771 unit, di mana ini yaitu penurunan paling drastis dalam 17 bulan. Salah sesuatu diler di Toyota Bangkok mengatakan, bahkan pada Desember 2016 ini, penjualan masih lebih rendah 10 persen sampai 15 persen.

Konsumen di Thailand akan memperlihatkan sikap menahan diri, terhadap pembelian-pembelian besar, seperti mobil atau barang mewah lainnya. Masih belum jelas, kapan pasar Thailand mulai langsung pulih, mengutip Nikkei, Jumat (30/12/2016).

Sementara di Indonesia penjualan naik kurang lebih 15 persen, atau ada di angka 99.934 unit. Pencapaian ini menandai delapan bulan berturut-turut pertumbuhan dibanding tahun 2015 lalu. Pemulihan ini salah satunya karena pemotongan suku bunga acuan, sehingga cukup merangsang konsumen.

Menjelang akhir tahun, permintaan mobil kecil dan hemat bahan bakar, low cost green car (LCGC) cukup tinggi. Kemudian juga umbangan dari produk baru Toyota, Calya dan Daihatsu Motor, dengan Sigra, yg asing-masing mendorong pasar sekitar 40 persen.

Malaysia, pasar terbesar ketiga di kawasan ini, selalu berjuang, karena penjualan selalu merosot, yg kali ini turun 12 persen (49.085) di bulan kesebelas 2016.  Bahkan Malaysia Autoshow di Kuala Lumpur  pada pertengahan November, gagal bagi merangsang pembelian.

Lalu di Vietnam, pasar terbesar kelima, tergelincir 4 persen menjadi 28.442 unit, penurunan pertama dalam sembilan bulan. Sejumlah mobil asing ditahan di bea cukai, yg efeknya menyeret turun penjualan mobil impor.

Secara keseluruhan, Januari-November 2016 ada pertumbuhan 3 persen dengan pencapaian sebanyak 2.890.000 unit buat enam pasar. Kemungkinan, di akhir 2016, penjualan keseluruhan mampu mencapai 3,15 juta mobil setahun penuh, sebagai peningkatan pertama kali dalam tiga tahun.

Sumber: http://otomotif.kompas.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Indonesia Topang Pasar Mobil ASEAN Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...