Menggunakan “Hands-free” Sambil Berkendara Tetap Berbahaya

Posted on
loading...

Queensland, Akulagi.com – Sebuah studi baru yg dikerjakan oleh Queensland University of Technology (QUT) Australia, menemukan bahwa berkendara sambil memakai ponsel denga sistem hands-free (ear-phone), sama berbahayanya dengan seandainya mengoperasikan ponsel dengan tangan.

Mengutip Caradvice.com.au, Rabu (28/12/2016) Pusat Penelitian Kecelakaan & Keselamatan Jalan punya QUT, telah melakukan pengukuran mulai efek dari penggunaan telepon seluler pada keselamatan pengemudi, termasuk waktu reaksi dan kinerja mengemudi.

“Kami mengambil sekelompok driver dan memantau reaksi pengemudi ketika mereka menerima telepon dengan hands-free dan atau dengan menggenggamnya. Kedua keadaan tersebut membuat waktu reaksi pengemudi 40 persen lebih lama daripada mereka yg tak memakai telepon,” ujar Dr Shimul Haque dari School of Civil Engineering and Built Environment.

Haque menambahkan, seandainya diaplikasikan di dunia nyata dengan kecepatan sekitar 40 kpj, maka mulai ada jarak 11 meter yg hilang, atau tak disadari pengemudi. Ini berpotensi besar menjadi penyebab kecelakaan.

Mengapa itu terjadi? Dr. Haque menyampaikan bahwa ada beban kognitif yg diperlukan dalam percakapan, dan ini yaitu penyebab penting munculnya gangguan. Jadi tak berpengaruh ponsel itu digengam atau tidak.

Dr. Haque menyarankan pemerintah buat meninjau ulang undang-undang terkait penggunaan ponsel. Memang, sebagian besar negara melarang penggunaan ponsel genggam, tapi masih ada memungkinkan pengemudi bagi mengoperasikanya dengan “hands-free”.

Sumber: http://otomotif.kompas.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Menggunakan “Hands-free” Sambil Berkendara Tetap Berbahaya Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...