Skrining Pada Ibu Hamil Disebut Bisa Bantu Prediksi Anak Alami Autisme

Posted on
loading...

Jakarta, Autisme biasanya diketahui setelah dua gejala muncul. Tapi kini, disebutkan bahwa dengan skrining pada ibu hamil, kemungkinan anak mengalami autisme mampu diprediksi.

Menurut dr Herbowo Agung Soetomenggolo SpA, faktor genetik memegang peranan utama pada autisme. Jika gen yg dimiliki orang tua bermasalah maka mulai menurun kepada sang anak dan menyebabkan autisme.

“Di luar negeri telah ada yg menskrining tubuh ibu. Dilihat dari kromosomnya apakah ada gen yg bermasalah yg dapat menurun ke anak,” ucap dokter yg praktik dRSIA Hermina Jatinegara kepada detikHealth baru-baru ini.

dr Herbowo mengatakan, skrining ketika kehamilan tak dapat menjadi jaminan anak bisa terhindar dari autisme. Karena sampai ketika ini masih ada dua masalah anak yg memiliki gen bermasalah namun tak mengalami autisme.

Baca juga: Kenali, Ini Gejala Autisme pada Anak-anak

“Nah itu memang ada dua gennya tetapi toh ibu mulai tetap hamil dan melahirkan walaupun memiliki gennya. Jadi intinya kalian tetap hanya tahu kalau ada gen yg mampu menyebabkan autisme agar mampu siap-siap karena ada kemungkinan,” kata dr Herbowo

dr Herbowo juga menambahkan dua gen yg telah diketahui mampu menyebabkan autisme seandainya gen mengalami gangguan. Misalnya gen AVPR1A ataupun gen AVPR1B.

Baca juga: Perlu Diketahui, Inilah Pertanda Awal Autisme pada Anak(rdn/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Skrining pada Ibu Hamil Disebut Bisa Bantu Prediksi Anak Alami Autisme Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...