Pentingnya Kontrol Kehamilan Teratur Untuk Deteksi Dini Gangguan Pada Janin

Posted on
loading...

Jakarta, Kontrol kehamilan teratur utama dikerjakan bagi memantau tumbuh kembang si kecil, termasuk saat ada gangguan. Sebut saja salah satunya gangguan memengaruhi perkembangan motorik anak.

dr Herbowo Agung Soetomenggolo SpA menyampaikan kontrol kehamilan secara teratur yaitu hal yg utama dilakukan. Salah sesuatu tujuannya, buat memprediksi kemungkinan yg bisa terjadi pada tumbuh kembang anak. Terlebih, ketika cek kehamilan biasanya dokter mulai melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

“Dengan USG dokter dapat mengukur lingkar kepala, jadi itu dapat memprediksi anak lahir nanti bagaimana. Bukan tiba-tiba ‘kok kepalanya lebih kecil ya dari anak-anak lainnya’, jadi orang tua mampu bersiap menerima,” ucap dr Herbowo kepada detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Kisah Walsilah Urus Sendiri Anaknya yg Alami Gangguan Saraf Otak

Selain memprediksi gangguan saraf pada anak, kontrol teratur dengan USG juga mampu memprediksi bentuk organ yang lain pada anak. Misalnya pada jari, apakah sempurna atau kurang jumlahnya.

“Itulah mengapa kontrol teratur dan USG diharuskan pada setiap trimester. Trimester sesuatu dan beberapa minimal sesuatu kali dan trimester ketiga itu beberapa kali,” sambung dokter yg praktik di RSIA Hermina Jatinegara ini.

Terkait gangguan saraf, dr Herbowo menyampaikan keterlambatan motorik pada anak menjadi hal yg paling kadang ditemukan. Kondisi ini biasanya terjadi saat proses pembentukan otak di dalam janin.

“Sebabnya masalahnya ada banyak, misalnya terbentur, nutrisi yg kurang selama kehamilan. Sedangkan pada ibu, masalahnya adalah ibu mengalami stres dan hipertensi selama kehamilan,” imbuh dr Herbowo.

Baca juga: Tanda-tanda Gangguan Sensorik pada Anak

(rdn/ajg)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Pentingnya Kontrol Kehamilan Teratur untuk Deteksi Dini Gangguan pada Janin Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...