Mengapa Manusia Bereproduksi Lewat Hubungan Seks? Begini Kata Peneliti

Posted on
loading...

Jakarta, Secara garis besar ada beberapa cara mahluk hidup dapat bereproduksi memiliki keturunan merupakan lewat hubungan seksual atau secara aseksual. Manusia dalam hal ini termasuk spesies yg ‘memilih’ bereproduksi dengan cara seksual dan menurut peneliti ada alasan di balik hal tersebut.

Dr Stuart Auld dari Stirling University mengakatan pertanyaan mengapa seks ada adalah hal yg sejak dahulu berusaha dijawab oleh para ahli biologi evolusi. Alasannya karena sebagai metode reproduksi seks lebih membutuhkan usaha, waktu, dan energi menjadikannya kurang efesien dibandingkan metode aseksual seperti membelah diri atau kloning.

Baca juga: Orang yg Aktif Berhubungan Seks Lebih Kebal Parasit

Sementara itu dalam teori evolusi suatu spesies seharusnya berusaha bagi berkembang lebih beradaptasi termasuk di antaranya gampang memiliki banyak keturunan. Mengapa manusia dan sebagian besar mahluk lainnya bereproduksi lewat seks sementara dua mahluk seperti bintang laut, komodo, dan tumbuhan seperti pisang tidak?

Menurut Stuart jawabannya karena ada manfaat yg mampu diperoleh dari metode reproduksi secara seksual. Karena ada pewarisan keterangan genetik dari beberapa orang tua, para keturunan jadi bisa lebih cepat berevolusi adaptasi dengan lingkungan.

Teori tersebut belakangan sudah dibuktikan oleh Stuart dan timnya dengan melakukan eksperimen terhadap hewan kutu air (Cladocera) yg diketahui dapat bereproduksi secara seksual dan juga aseksual. Peneliti melihat bagaimana keturunan dari kutu yg melakukan hubungan seksual dibandingkan dengan keturunan dari kutu yg aseksual.

“Ketika anak hasil kloning dan anak hasil hubungan seksual dari ibu yg sama dibandingkan, kalian menemukan bahwa anak dari hubungan seksual lebih jarang sakit dibandingkan anak kloning,” ungkap Stuart seperti dikutip dari BBC, Rabu (28/12/2016)

Kebutuhan yg tak ada batasnya buat menghindari penyakit mampu menjelaskan mengapa seks sampai sekarang ada di alam meskipun biayanya besar,” pungkasnya.

Baca juga: Studi: Rutin Bercinta Bisa Jadi Cara buat Mempertajam Otak(fds/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Mengapa Manusia Bereproduksi Lewat Hubungan Seks? Begini Kata Peneliti Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

aplikasi hp tizen kedepannya,foto ariel tarumanegara xxx,
loading...
Loading...