Kenali Microtia, Kelainan Bawaan Yang Bikin Telinga Seperti Mengerut

Posted on
loading...

Jakarta, Kelainan mampu terjadi di bagian tubuh, termasuk telinga. Nah, salah satunya adalah microtia yg yaitu kelainan pada telinga yg terjadi sejak lahir.

Microtia yaitu kelainan struktural telinga sejak lahir yg tepatnya terjadi pada telinga bagian luar. Namun, keadaan ini dapat juga berdampak pada telinga bagian tengah dan dalam. Demikian dilaporkan The National Center for Biotechnology Information (NCBI).

Disebutkan, prevalensi kejadian perkara ini berbeda-beda pada di daerah. Meski, dilaporkan pada penduduk Spanyol, Amerika dan Asia angka kejadian dinilai lebih tinggi.

Berbicara soal microtia, dr Herbowo Agung Soetomenggolo SpA menyampaikan keadaan terjadi karena adanya persoalan pembentukan selama dalam kandungan. Sel-sel yg seharusnya menyatu saat proses pembentukan dikatakan bermasalah sehingga menyebabkan ketidaksempurnaan.

“Itu kan terjadi dari awal terbentuk dalam janin,” ucap dr Herbowo yg praktik di RSIA Hermina Jatinegara kepada detikHealth baru-baru ini.

dr Herbowo menyampaikan microtia mampu diperbaiki seandainya bagian dalam telinga seperti kanal dan gendang telinga tak ikut bermasalah. Proses perbaikannya pun dikerjakan dengan rekonstruksi bedah telinga.

Kenali Microtia, Kelainan Bawaan yg Bikin Telinga Seperti MengerutFoto: Thinkstock

Baca juga: Kena Microtia, Bocah Ini Dibuatkan Telinga dari Tulang Rusuknya

Namun pada keadaan microtia yg berdampak pada bagian dalam telinga, dr Herbowo menyampaikan proses rekonstruksi mulai lebih sulit dilakukan. Selain itu, keadaan ini juga berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

“Kalau telah seperti itu (kanal dan gendang terganggu) hingga nggak dapat mendengar pasti bicaranya jadi terganggu dan terlambat,” sambung dr Herbowo.

Sementara, dikutip dari situs pribadinya, John Reinisch MD menyampaikan microtia memiliki empat tingkat. Pada tingkat pertama, telinga memiliki ukuran yg lebih kecil dari anatomi telinga normal namun terkadang memiliki kanal yg sempit atau bahkan tak memilikinya.

“Tingkat kedua karakteristiknya sama seperti tingkat pertama namun memiliki kanal. Sementara tingkat ketiga yaitu bentuk paling umum dari microtia merupakan cuma terbentuk sisa telinga tanpa adanya kanal,” kata dr Reinisch.

Nah buat tingkat yg terakhir atau keempat disebut dengan anotia atau tak adanya bagian luar telinga (daun telinga) maupun kanal.

Baca juga: Lahir Tanpa Kuping Kiri, Bocah Ini Dibuatkan Telinga dari Tulang Rusuknya

Kenali Microtia, Kelainan Bawaan yg Bikin Telinga Seperti MengerutFoto: Thinkstock

(rdn/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Kenali Microtia, Kelainan Bawaan yang Bikin Telinga Seperti Mengerut Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

membersihkan telinga cara nabi,
loading...
Loading...