Jika Seperti Ini, Momen Liburan Bisa Tingkatkan Kesehatan Jiwa Anda

Posted on
loading...

Jakarta, Libur panjang Natal dan Tahun Baru mampu jadi momen mendekatkan diri kepada keluarga. Pakar menyampaikan menjaga keintiman keluarga sangat penting, terutama buat kesehatan jiwa seseorang.

dr Andri, SpKJ, FAPM, dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera menyampaikan berkumpul bersama keluarga mampu jadi hal yg jarang dikerjakan oleh masyarakat modern karena sibuknya aktivitas. Untuk itu, momen liburan kali ini mampu digunakan buat mempererat hubungan dengan anak dan pasangan.

“Liburan yg berkualitas, dengan menjauhkan diri dari gadget bisa mempererat hubungan dengan anak dan pasangan. Hal ini baik bagi kesehatan jiwa karena keluarga yg nyaman adalah yang berasal muasal kesehatan jiwa seseorang,” tutur dr Andri kepada detikHealth.

Baca juga: 4 Tips Maksimalkan Libur Panjang di Rumah Agar Sesi Bercinta Kian Membara

Liburan juga yaitu momen yg tepat bagi mengambil waktu time-out dari kesibukan pekerjaan. Berkumpul bersama keluarga mampu memberikan waktu buat beristirahat untuk otak yg setiap hari harus bekerja.

“Saat menghadapi persoalan tidak jarang seandainya kami selalu menerus memikirkannya malah nggak ketemu solusinya, makanya butuh time-out. Nah liburan ini mampu jadi sarana juga bagi time-out,” tambahnya lagi.

dr Andri menambahkan liburan bersama keluarga maupun buat time-out tak melulu harus ke luar kota atau ke luar negeri. Melakukan kegiatan baru yg berbeda ataupun sekadar memberikan waktu me time buat membaca buku juga yaitu alternatif bentuk liburan.

Terlebih, tak seluruh orang memiliki kebutuhan liburan yg sama. Ada yg setiap bulan harus liburan, namun ada pula yg liburannya cuma sesuatu atau beberapa kali dalam setahun.

“Pokoknya kenali kebutuhan diri. Kalau telah jenuh pada rutinitas sehari-hari dan akan tak ada semangat, kelelahan, gampang sensitif atau tersinggung mampu jadi tandanya telah butuh piknik,” tutupnya.

Baca juga: Liburan, Waktu yg Tepat buat ‘Detoks’ dari Media Sosial(mrs/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Jika Seperti Ini, Momen Liburan Bisa Tingkatkan Kesehatan Jiwa Anda Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...