Cuaca Panas Dan ‘Bergantung’ Pada Sejuknya AC? Ini Yang Perlu Diperhatikan

Posted on
loading...

Jakarta, Cuaca yg panas membuat sebagian orang jadi bergantung pada sejuknya AC (air conditioner). Agar kesehatan kulit tetap terjaga, ada yg perlu diperhatikan.

Seperti disampaikan oleh spesialis kesehatan kulit Dr Rajan T.D, bahwa kamar dengan penyejuk ruangan umumnya memiliki udara yg jauh lebih kering dibandingkan dengan ruangan tanpa penyejuk ruangan. Ini karena penyejuk ruangan mengeluarkan kelembapan udara.

Lama-kelamaan, penyejuk ruangan kemudian juga mulai menarik kelembapan di kulit. Nah, seandainya Anda tidak cermat menjaga kesehatan kulit, maka kulit mulai menjadi rapuh dan sangat kering. Kekeringan yg terjadi ini bahkan juga dapat memengaruhi hingga lapisan dalam kulit.

Baca juga: Suka Pakai Pasta Gigi bagi Mengobati Jerawat? Ini Efek Buruknya

“Ketika kulit menjadi kering, biasanya mulai muncul rasa gatal. Kulit juga mulai tampak bersisik dan pecah-pecah. Jika tidak dirawat dengan benar, penyejuk ruangan mampu memengaruhi kesehatan kulit,” ungkap Rajan.

Konsumsi cairan yg cukup, terutama dari asupan air putih, dinilai menjadi salah sesuatu cara efektif bagi menjaga kelembapan kulit. Kecukupan cairan juga menjaga aliran darah tetap berjalan lancar. Dengan mencukupi kebutuhan air setiap hari, maka Anda telah mencegah munculnya kerutan dini.

Yang tidak kalah pentingnya adalah hindari kebiasaan berpindah ruangan dengan perbedaan suhu ekstrem secara mendadak. Misalnya Anda berjam-jam berada pada suhu dingin, tepatnya dari ruangan dengan penyejuk ruangan, kemudian tiba-tiba Anda pergi keluar di mana sinar matahari sedang terik. Kebiasaan ini mampu membuat kulit dan tubuh secara keseluruhan menjadi stres. Intinya, perubahan suhu mendadak ini bisa memengaruhi kesehatan kulit wajah.

“Karena Anda tak dapat mematikan AC di kantor, cobalah buat tak bergantung pada penyejuk ruangan ketika di rumah,” pesan dokter kulit Dr Kshama Vibhakar, seperti dikutip dari Times of India.

Saat mandi, Vibhakar juga menganjurkan Anda bagi membatasi penggunaan sabun dan air ke daerah-daerah kulit yg kering. Gunakan pelembap atau losion secara rutin pada bagian wajah, leher, tangan, siku, lutut dan di mana saja yg Anda rasa rentan kering.

Baca juga: Ingat Ya, Kulit Wajah Sensitif Belum Tentu Cocok Pakai Produk Khusus Bayi(ajg/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Cuaca Panas dan ‘Bergantung’ Pada Sejuknya AC? Ini yang Perlu Diperhatikan Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...