Wiranto: Pelibatan TNI Dalam Penindakan Terorisme Itu Perlu

Posted on
loading...

JAKARTA, Akulagi.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto menilai perlu ada keterlibatan TNI dalam pemberantasan tindak pidana terorisme.

Pernyataaan itu merespons pasal pelibatan TNI dalam revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Pasal tersebut jadi polemik karena mendapat penolakan dari sejumlah pihak. (Baca: Pasal dalam RUU Anti-Terorisme soal Pelibatan TNI Diminta Dicabut)

“Pelibatan TNI itu perlu. Jangankan TNI, masyarakat pun kalian libatkan. Saat teroris melebur di masyarakat, tak ada cara yang lain selain melibatkan masyarakat, termasuk TNI,” kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (23/12/2016).

Wiranto meminta publik tidak perlu khawatir seandainya pasal pelibatan TNI lolos dalam revisi UU Terorisme.

(Baca: RUU Terorisme Akan Memperjelas Teknis Pelibatan TNI)

Sebab, pelibatan TNI itu tidak lantas mulai membuat TNI dapat berbuat seenaknya, tapi masih dalam batas wajar sesuai aturan yg berlaku.

Selain itu, Wiranto menilai Kepolisian membutuhkan bantuan TNI karena jumlah polisi yg terbatas. Secara rasio, jumlah polisi aktif ketika ini masih belum seimbang dengan jumlah masyarakat. 

(Baca: Ini Kata Ali Imron soal Pelibatan TNI dalam Revisi UU Antiterorisme)

Sehingga, pelibatan TNI dianggap perlu bagi menolong agar ada keseimbangan antara rasio masyarakat dengan aparat keamanan yg menjamin ketertiban masyarakat.

“Pasti ada rambu-rambunya. Tidak kemudian kalau ada di UU itu, dimanfaatkan TNI bagi melakukan reaksi berlebihan,” tutur mantan Ketua Umum Partai Hanura itu.

Kompas TV Kepala BIN: RUU Terorisme Segera Diperbaiki

 

Sumber: http://nasional.kompas.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Wiranto: Pelibatan TNI dalam Penindakan Terorisme Itu Perlu Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

arti talikur TNI,contoh soal keswa tni al,contoh soal tentang kesehatan jiwa,jual ransum tentara jawatengah,rahasia jokowi nundukan tni dan polri,soal kesua,tes kontol masuk TNI,
loading...
Loading...