Wapres Dukung Evaluasi Kebijakan Bebas Visa

Posted on
loading...

JAKARTA, Akulagi.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla mendorong evaluasi kebijakan bebas visa. Terutama, apabila kebijakan tersebut justru tak menguntungkan Indonesia.

Wapres mengatakan, tadinya kebijakan itu buat menggenjot pertumbuhan wisatawan asing ke Indonesia.

Sebagai negara yg kaya destinasi wisata, jumlah wisatawan asing yg tiba ke Indonesia masih terbilang rendah dibanding sejumlah negara yang lain di Asia Tenggara.

“Di sini baru sekitar sepuluh (juta) wisatawan. Di yang lain pihak, negara tetangga (yang) sedianya lebih kecil telah di atas 20 (juta),” kata Kalla di Kantor Wapres, Jumat (23/12/2016).

Banyaknya wisatawan asing yg justru lebih memilih berwisata di negara-negara tetangga, sebut Kalla, juga tak terlepas dari kebijakan bebas visa yg mereka terapkan.

Kendati demikian, diakui Wapres, kebijakan tersebut bukan tanpa persoalan. Salah satunya penyalahgunaan izin tinggal, dengan dalih wisata.

Para penyalahguna itu memanfaatkan kebijakan bebas visa buat bekerja atau tinggal. Meski, menurut dia, penghasilan bekerja di Indonesia lebih rendah ketimbang di negara lain.

“Tidak mudahlah negara yang lain itu tiba ke Indonesia kalau cuma bekerja kasar, bekerja biasa. Kenapa? Gaji kami disini kalau pekerja-pekerja itu katakanlah 2 juta, 3 juta. Sedangkan di China contohnya, gaji minimum itu sekitar 4,5 juta sampai 5 juta,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi IX Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah langsung mengevaluasi dan mencabut kebijakan bebas visa. Kebijakan itu dinilai sudah menimbulkan keresahan di masyarakat.

(Baca: Pimpinan Komisi IX Minta Kebijakan Bebas Visa Dicabut)

Belakangan, kata Saleh, kian banyak tenaga kerja asing yg menyalahgunakan program bebas visa buat bekerja di Indonesia.

Fakta itu diperkuat dengan sejumlah penangkapan yg dikerjakan Kementerian Ketenagakerjaan, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM dan Polri. (Baca: Fadli Zon Minta Pemerintah Cabut Kebijakan Bebas Visa)

Kompas TV Indonesia Coret 10 Negara dari Daftar Bebas Visa

 

Sumber: http://nasional.kompas.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Wapres Dukung Evaluasi Kebijakan Bebas Visa Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...