Studi: Berjemur Di Bawah Sinar Matahari Bantu Perbaiki Sistem Imun

Posted on
loading...

Jakarta, Saat sedang milik waktu luang, dibanding berdiam diri di dalam rumah lebih baik sediakan waktu bagi bermain keluar. Studi ungkap berjemur di bawah sinar matahari bantu perbaiki sistem kekebalan tubuh lho.

Ya, selain mendapatkan asupan vitamin D alami, berjemur di bawah sinar matahari juga memberikan energi pada sel T. Sel T yaitu salah sesuatu sel yg berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Sel ini juga memiliki peran utama dalam memerangi infeksi dalam tubuh manusia.

“Kita segala tahu sinar matahari memberikan vitamin D. Namun paparan sinar matahari juga berdampak pada imunitas,” ungkap Gerard Ahern, ungkap peneliti dari Georgetown University, seperti dikutip dari Times of India.

Baca juga: Agar Kulit ‘Aman’ Saat Naik Motor Siang Hari, Jangan Lupakan Sarung Tangan

Temuan ini memamerkan produksi vitamin D membutuhkan sinar ultraviolet (UV). Nah, sinar matahari memberikan paparan cahaya biru atau blue light dalam kadar aman dan menolong sel-sel T bergerak lebih cepat. Sinar biru dalam sinar matahari dapat menembus lapisan dermis dan memberikan dampak signifikan terhadap aktivasi sel T.

“Sel-sel T perlu bergerak bagi melakukan ‘pekerjaan’ mereka. Salah satunya bagi sampai menuju ke lokasi infeksi dan mengatur respons. Penelitian ini memamerkan bahwa sinar matahari secara segera mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh dengan meningkatkan gerakan mereka,” imbuh Ahern.

Studi ini sudah dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports.

Baca juga: Tak Usah Khawatir Panas-panasan karena Kulit Punya ‘Bakat’ Warna, Benarkah?(ajg/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Studi: Berjemur di Bawah Sinar Matahari Bantu Perbaiki Sistem Imun Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...