Penolakan Masyarakat Jadi Alasan Pelaku Terorisme Mengulangi Aksinya

Posted on
loading...

JAKARTA, Akulagi.com – Salah sesuatu terduga teroris yg tewas ketika ditangkap di Tangerang Selatan, merupakan Omen alias Abdul Rauf, diketahui yaitu seorang residivis masalah terorisme.

Omen cuma sesuatu dari dua pelaku tindak pidana terorisme yg juga seorang residivis.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Suhardi Alius mengatakan, penerimaan masyarakat terhadap para mantan narapidana juga sangat menentukan.

Ia mencontohkan Juhanda, pelaku bom gereja di Samarinda. Juhanda cuma tokoh figuran dalam Bom Puspitek dan Bom Buku. Ketika telah dideradikalisasi di dalam lapas dan keluar, Juhanda tidak diterima di masyarakat.

“Keluarganya tak menerima, anak-istrinya dilarikan. Akhirnya dia kembali lagi ke semula,” ujar Suhardi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (23/12/2016).

Terkait hal tersebut, meeting koordinasi khusus (Rakorsus) antarmenteri yg dilangsungkan Jumat siang turut membahas upaya-upaya 25 kementerian/lembaga agar masyarakat dapat menerima dan justru berpartisipasi mengawasi.

Dalam rakorsus tersebut, dibahas pula mengenai rencana pemisahan lembaga pemasyarakatan narapidana terorisme dengan narapidana lainnya.

(Baca: Pemerintah Upayakan Pemisahan Lapas untuk Narapidana Terorisme)

Narapidana terorisme dianggap berpotensi narapidana lainnya bagi ikut melakukan tindakan terorisme. Di yang lain sisi, seandainya sesama narapidana terorisme berada dalam sesuatu lapas, maka mereka dapat jadi saling bertukar pikiran.

“Karena itu Pak Menko (Polhukam) tengah mengupayakan bagaimana lokasi tertentu sehingga tak ada kontak dengan napi-napi lainnya. Itu kita sedang carikan formatnya,” ucap Suhardi.

Kompas TV Terduga Teroris di Payakumbuh Dikenal Jarang Bersosialisasi

 

Sumber: http://nasional.kompas.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Penolakan Masyarakat Jadi Alasan Pelaku Terorisme Mengulangi Aksinya Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...