Jangan Abaikan Lingkar Kepala Bayi, Seperti Apa Ukuran Normalnya?

Posted on
loading...

Jakarta, Selain berat badan dan tinggi badan, lingkar kepala yaitu salah sesuatu yg diukur pada bayi baru lahir. Bahkan pengecekan ini biasanya dikerjakan sampai usia balita.

Dokter spesialis anak dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, dr Meta Hanindita, SpA menuturkan Lingkar kepala dipengaruhi oleh cukup bulan atau tak ketika hamil dan macam kelamin bayi. Untuk bayi cukup bulan berjenis kelamin lelaki, ukuran normalnya akan 32-38 cm, sedangkan bayi cukup bulan perempuan akan 31-37 cm.

Namun ada pula versi yg menyebut ukuran normal lingkar kepala bayi sekitar 30 sampai 37 cm.

Baca juga: Ukurlah Lingkar Kepala Bayi Secara Teratur

“Lingkar kepala mulai bertambah 2 cm per bulan pada usia 0-3 bulan, dahulu di usia 4-6 bulan bertambah 1 cm per bulan dan 6-12 bulan sekitar 0,5cm per bulannya,” tutur dr Meta kepada detikHealth.

dr Meta menambahkan, sampai usia 5 tahun biasanya seorang anak memiliki lingkar kepala sekitar 50 cm. “Ukuran kepala tak ada hubungannya dengan kecerdasan bayi,” imbuh dr Meta.

Jangan Abaikan Lingkar Kepala Bayi, Seperti Apa Ukuran Normalnya?Foto: Nurvita Indarini

dr Attila Dewanti, SpA dua waktu dahulu menuturkan perlunya pengukuran lingkar kepala secara teratur. Karena dari sini mampu dilihat perkembangan otaknya setiap bulan.

Jika tak ada peningkatan ukuran lingkar kepala bayi selama 2 bulan, berarti ada satu yg tumbuhnya tak sempurna di dalam tubuh. Hal ini karena segala pusat perkembangan ada di otak, akan dari otak besar, otak kecil dan batang otak.

Diketahui periode tercepat pertumbuhan otak terjadi pada trimester 3 di kandungan hingga usia 3 tahun. Kondisi ini juga termasuk periode rawan atau kritis karena cuma terjadi sekali dalam seumur hidup.

Baca juga: Beberapa Pemeriksaan Rutin Bayi(vit/up)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Jangan Abaikan Lingkar Kepala Bayi, Seperti Apa Ukuran Normalnya? Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...