Gencatan Senjata Suriah Akan Dibahas Januari 2017

Posted on
loading...

Moskow (Akulagi.com) – Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Gennady Gatilov, Jumat, menyampaikan dia mengharapkan perundingan damai yg baru untuk Suriah dengan dukungan Moskow, Ankara dan Teheran mulai berlangsung pada pertengahan Januari 2017 di Kazakhstan.

Gatilov, seperti dikutip kantor berita Interfax, menyampaikan dia mengharapkan mereka fokus pada pembahasan mengenai apa yg dibutuhkan buat memperoleh gencatan senjata secara menyeluruh di negara Suriah.

Para menteri pertahanan dan luar negeri Rusia, Iran dan Turki menggelar pembicaraan mengenai Suriah di Moskow pada Selasa, setelah mereka menyatakan bersiap menolong bagi menjadi perantara kesepakatan perdamaian Suriah.

Amerika Serikat berusaha buat “mengecilkan” absennya negara adidaya tersebut dalam perundingan, dengan menyampaikan hal tersebut bukanlah suatu penghinaan dan tak mencerminkan penurunan pengaruh AS di Timur Tengah.

Mediator PBB di Suriah Staffan de Mistura menyampaikan ia bermaksud mengadakan pembicaraan damai yg terpisah di Jenewa, Swiss, pada 8 Februari mendatang.

Perundingan yg didukung PBB sendiri sudah dilaksanakan, namun secara terputus-putus.

Rusia menyampaikan perundingan di Kazakhstan justru mulai lebih melengkapi perudingan yg dibuat PBB, bukannya menyaingi usaha organisasi dunia tersebut, demikian Reuters.

(R030/M016) 

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Gencatan senjata Suriah akan dibahas Januari 2017 Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...