Wapres : Indonesia Alami Gejala Radikalisme Global

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bahwa Indonesia sedang mengalami gejala radikalisme global menyusul terungkapnya teror bom di dua daerah.

“Ini gejala global, terjadinya radikalisme. Tapi sekali lagi aku ingin sampaikan, kalau bicara radikalisme, jangan cuma bicara bom, (bom) ada di mana, sekian korbannya. Justru kalian juga harus mengkaji kenapa itu terjadi,” ujarnya di Kantor Wapres di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Jumat.

Dalam berbagai kegiatan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, Kalla seringkali menyampaikan bahwa terorisme terjadi di negara-negara yg gagal secara ekonomi dan politik.

“Kegagalan mereka akibat serbuan negara asing. Afghanistan, contohnya, timbulkan Al Qaeda. ISIS muncul di Suriah dan Irak akibat dibom oleh negara-negara asing,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dia melihat negara-negara luar yg menimbulkan kemarahan, sentimen generasi muda negara-negara gagal tersebut terhadap negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat.

Selain itu, radikalisme juga dipicu oleh ajaran yg mendorong seseorang marah.

“Kalau Anda membunuh musuh kamu, maka Anda mulai masuk surga. Padahal musuh itu terlalu luas. Kita pun jadi musuhnya kan?” ujarnya merujuk pada ancaman bom terhadap personel pengamanan Presiden di Istana Merdeka yg berhasil digagalkan polisi dua waktu lalu.

Ajaran yg salah itu, lanjut dia, dibiarkan begitu saja merasuki orang-orang yg pengetahuan agamanya masih sangat rendah namun sudah “dicuci otaknya”.

“Kalau Anda lihat wawancara Nur Solihin (anggota jaringan Bahrun Naim, warga negara Indonesia yg bergabung dengan ISIS di Suriah), bicara soal surga. Jadi ini bahayanya,” kata Wapres.

Sebelumnya, Densus 88 Polri menangkap dan menembak tiga terduga teroris di salah sesuatu rumah kontrakan di Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, Rabu (21/12) pagi.

Penggerebekan itu yaitu hasil pengembangan dari penyelidikan dari penemuan benda diduga bom di rumah kontrakan di Jalan Bintara VII RT 04/09, Bintara Jaya, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Sabtu (10/12) dulu dengan menangkap tiga orang calon teroris.

(M038/A011)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Wapres : Indonesia alami gejala radikalisme global Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...