Fosil Dinosaurus Ompong Bawa Petunjuk Evolusi Paruh Burung

Posted on
loading...

Washington (Akulagi.com) – Dinosaurus kecil yg menjelajahi wilayah barat laut China sekitar 160 juta tahun dahulu memiliki sifat unik yg tak kelihatan pada dinosaurus atau makhluk prasejarah lain: lahir dengan gigi dan menjadi tidak bergigi setelah dewasa.

Para ilmuwan pada Kamis menyampaikan fosil dari 19 individu dinosaurus yg disebut Limusaurus inextricabilis, dari umur di bawah sesuatu tahun sampai 10 tahun, memperlihatkan bahwa dinosaurus remaja memiliki gigi kecil dan tajam namun yg dewasa cuma memiliki paruh tanpa gigi.

Kelompok dinosaurus yg ditemukan di Provinsi Xinjiang itu kemungkinan terjebak tidak berdaya di dalam lubang lumpur dan mati.

Sangat jarang para ilmuwan mampu menemukan fosil spesies dinosaurus dari bayi sampai dewasa, urutan yg mengungkap beragam perubahan anatomi yg berkembang ketika binatang itu dewasa.

Limusaurus adalah dinosaurus berkaki beberapa yg memiliki lengan pendek dan kaki panjang dan ramping. Binatang itu mungkin milik semacam bulu menutupi sedikit bagian tubuhnya. Yang terbesar panjangnya sekitar enam kaki (kurang dari beberapa meter).

“Mungkin kelihatan seperti emu dengan ekor panjang,” kata Joey Stiegler, ahli paleontologi di  George Washington University, salah sesuatu peneliti dalam studi yg hasilnya dipublikasikan di jurnal Current Biology.

Kehilangan gigi semacam itu disebut ontogenetik edentulism. Beberapa binatang yg hidup sekarang juga mengalaminya, termasuk platypus, mamalia petelur Australia.

Individu Limusaurus dewasa juga ditemukan dengan batu yg disebut gastrolith yg ditelan oleh dua dinosaurus pemakan tumbuhan buat menggiling materi tumbuhan di dalam perut. Bayi-bayi dinosaurus itu cuma milik sedikit batu-batu ini.

Kehilangan gigi dan gastrolith juga mengindikasikan Limusaurus mengalami perubahan diet dramatis dari lahir sampai dewasa, mungkin memulai hidup dengan makan serangga dan vertebrata kecil sebelum kemudian beralih ke tumbuhan.

Limusaurus adalah anggota kelompok dinosaurus theropoda dinosaur di mana burung berevolusi.

Ahli paleontologi George Washington University James Clark menyampaikan temuan itu memamerkan “spesies yg dekat dengan yang berasal burung mungkin melalui perkembangan yg sama, dan kehilangan gigi mungkin terjadi secara bertahap selama evolusi yang berasal burung.”

“Ini utama dalam memamerkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan dinosaurus lebih rumit dari perkiraan sebelumnya, dan ini menjadi model tahapan yg mungkin dialami burung dalam perubahan paruh mereka,” tambah Clark.

Burung, yg pertama kali muncul sekitar 150 tahun lalu, berevolusi dari dinosaurus kecil berbulu. Yang paling awal tanpa gigi.

Selama lebih dari puluhan juta tahun, evolusi paruh tidak bergigi juga terjadi pada banyak burung yg ada sekarang. Burung terakhir yg bergigi mati dengan dinosaurus 66 juta tahun lalu, demikian menurut warta kantor berita Reuters.

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Fosil dinosaurus ompong bawa petunjuk evolusi paruh burung Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...