Ajari Anak Menghargai Barang Yang Dimiliki? Bisa, Begini Caranya

Posted on
loading...

Jakarta, Meski usianya masih tergolong muda, bukan berarti anak-anak tidak mampu diajari menghargai tiap benda yg diberi padanya. Dengan begitu, mereka mampu lebih menyayangi tiap benda yg dimiliki.

Seperti diungkapkan psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo MPsi, Psikolog memang utama buat orang tua bagi mengajari anak menghargai setiap benda yg diberi pada mereka. Caranya, mampu dimulai dari kebiasaan sehari-hari.

Wanita yg akrab disapa Anas ini mengatakan, Ayah dan Ibu mampu mengajari anak bahwa makanan yg tersedia di meja makan yaitu hasil kerja keras orang tuanya. Dengan begitu, anak tidak mulai membuang-buang makanan.

“Terus saat anak kadang ikut orang tua ambil duit di ATM, dia mampu aja mikir duit itu tinggal ambil di ATM. Nah, bagi itu sesekali orang tua perlu mengajak anak ke tempat kerja,” tutur Anas dalam perbincangan dengan detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Tak Cuma Rajin Belajar, Olahraga Juga Bisa Bikin Anak Pintar

Dengan mengajak anak ke tempat ayah ibunya bekerja, mereka milik pengalaman dan mengetahui bagaimana pekerjaan ayah dan ibunya. Sehingga, anak dapat lebih menghargai saat ia dibelikan sesuatu.

Saat anak minta dibelikan sesuatu, tidak perlu juga orang tua segera menuruti kemauan mereka. Boleh saja, orang tua menyampaikan pada anak bahwa ayah dan ibunya perlu menabung lebih dulu. Nah, saat anak nanti dibelikan benda yg ia mau, diharapkan anak dapat menyayangi benda itu.

“Jadi message bahwa mendapat satu itu ada usahanya utama ditanamkan ke anak. Sehingga, anak mampu sayang sama barangnya dan lebih menghargai apa yg diberi orang tuanya,” lanjut Anas.

Atau dengan kata lain, anak diajari bahwa seluruh satu memiliki ‘cerita’ yakni buat mendapatkannya harus ada usaha lebih dulu. Wanita yg juga praktik di Klinik Petak Pintar, Mampang ini menyampaikan anak telah dapat diajak menghargai semua satu yg ia bisa sejak usia tiga atau empat tahun.

Bahkan, mereka telah dapat dilatih buat bersyukur lho. Contohnya saja, saat anak mengelilingi melihat keadaan orang yang lain yg kurang mampu, orang tua mampu mengajarkan pada anak buat mensyukuri apa yg telah mereka miliki selama ini.

“Jadi kalau anak minta sesuatu, orang tua juga mampu membuat budget, ada batasannya. Sehingga, anak juga belajar bahwa semua satu yg dia mau, nggak semuanya mampu terpenuhi,” pungkas pemilik akun twitter @anasbubu ini.

Baca juga: Studi: Anak-anak yg Malas Bergerak Berisiko Penyakitan(rdn/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Ajari Anak Menghargai Barang yang Dimiliki? Bisa, Begini Caranya Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...