PM Kanada Tak Mau Cabut Pujiannya Kepada Fidel Castro

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau yg dikritik karena mengenang kebaikan mendiang Fidel Castro tanpa menyinggung catatan hak asasi manusia, bersikukuh dengan pendapatnya itu kendati menyatakan Castro memang diktator.

Trudeau memicu kemarahan dan ejekan online setelah menyebut Castro “pemimpin yg luar biasa” dan mengungkapkan kesedihannya atas kematian sang mantan pemimpin Kuba.

Minggu waktu setempat, Trudeau menyebutkan pernyataannya itu cuma buat mengungkapkan pengakuan bahwa mendiang adalah bekas kepala negara sebuah negara yg lama menjalin hubungan dengan Kanada.

“Faktanya Fidel Castro milik pengaruh besar dan panjang kepada rakyat Kuba,” kata Trudeau dalam konferensi pers di KTT Francophonie, Madagaskar.

“Dia jelas figur yg dipertentangkan dan tentu ada keperihatinan besar menyangkut hak asasi manusia, aku terbuka bagi itu, dan aku telah garis bawahi,” kata dia.

Para anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari kubu Konservatif yg beroposisi kepada pemerintah mendesak Trudeau memboikot pemakaman Castro, sedangkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat yg yang lain mengkritik komentar Trudeau tentang Castro.

Kanada adalah negara Barat yg paling bersahabat dengan Kuba dengan tetap memelihara hubungan diplomatik setelah Revolusi Kuba 1959, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang PM Kanada tak mau cabut pujiannya kepada Fidel Castro Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

loading...
Loading...