Kombinasi Dua Jenis Diet Ini Disebut-sebut Baik Untuk Kesehatan Usus

Posted on
loading...

Jakarta, Sama-sama utama untuk tubuh, diet dengan memenuhi kombinasi antara protein dan karbohidrat disebut-sebut baik untuk kesehatan usus dan sistem cerna.

Demikian disampaikan oleh peneliti dari University of Sydney, Australia, Andrew Holmes, dalam studinya yg sudah dipublikasikan dalam jurnal Cell Metabolism.

“Ada banyak strategi diet berbeda yg diklaim bisa meningkatkan kesehatan usus. Namun sampai sekarang masih sulit bagi menentukan hubungan sebab akibat antara macam diet dan efeknya pada mikroba usus,” ujar Holmes.

Baca juga: Buru-buru Makan Usai Olahraga, Perlukah?

Dalam studi ini, para peneliti menemukan bahwa ketersediaan nitrogen usus bagi mikroba dalam usus memainkan peran penting. Menurut Holmes, makanan yg dikonsumsi sangat memengaruhi komposisi mikroba dalam usus.

“Kebutuhan nutrisi terbesar bagi kesehatan bakteri usus kami adalah karbon dan nitrogen, terutama dari makanan yg kalian makan. Keduanya dikombinasikan dari asupan karbohidrat dan protein. Jadi, hasil studi mengungkapkan bahwa respons usus tetap dipengaruhi oleh rasio diet protein dan karbohidrat,” imbuh Holmes.

Diet tinggi protein sebelumnya kadang dikaitkan dengan peningkatan metabolisme, peningkatan massa otot, serta pengendalian kadar glukosa. Sumber penting buat kelompok protein nabati adalah mi, roti serta kacang-kacangan. Sementara kelompok protein hewani mengonsumsi produk susu tanpa lemak serta daging putih dan ikan.

Baca juga: Studi: Diet Tinggi Protein Bantu ‘Perang’ Lawan Penyakit Hati(ajg/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Kombinasi Dua Jenis Diet Ini Disebut-sebut Baik untuk Kesehatan Usus Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...