Ini Dia Kembar Tiga Paling ‘Ringan’ Sedunia

Posted on
loading...

Jakarta, Alfie, Connor dan Dylan Bateman lahir ketika usia kandungan ibunya baru 23 pekan. Meski selamat, bobot mereka berada di bawah standar, bahkan setelah dikombinasikan. Total bobot Alfie, Connor dan Dylan hanyalah 1,4 kg saja.

Sang ibu, Emma Seaton harus dilarikan ke Queen Alexandra Hospital, Portsmouth saat tiba-tiba perutnya terasa mulas, pertanda mulai melahirkan di tahun 2014 lalu.

Bayi pertama yg dilahirkan Emma adalah Alfie. “Saya tidak dapat lihat dia seperti apa karena mereka segera membawanya pergi,” kisah Emma seperti dilaporkan Daily Mail.

Alfie dikabarkan harus mendapatkan bantuan pernapasan. 24 Jam kemudian lahirlah Connor dan Dylan yg ternyata juga harus memperoleh perlakuan serupa.

Untungnya, lanjut Emma, staf di rumah sakit tersebut sangat membantunya. “Mereka menenangkan aku dan menyuntikkan steroid buat menolong memperkuat paru-paru bayi-bayi aku sebelum dilahirkan,” imbuhnya.

Benar saja, berat ketiga putranya sangat rendah, merupakan masing-masing Alfie 0,42 kg; Connor 0,43 kg; dan Dylan 0,46 kg; meskipun demikian mereka lahir dalam kondisi sehat.

“Kami kira mulai kehilangan mereka, tapi begitu aku mampu melihat mereka, besar kakinya tidak lebih dari action figure,” kenang wanita berusia 32 tahun itu.

Lengan-lengan putranya juga tidak lebih besar dari jari telunjuk Emma.

Baca juga: Asal Digenjot Nutrisi dan Stimulasinya, Bayi Prematur Bisa Tumbuh Optimal

Bayi-bayi Emma lantas menghabiskan waktu selama empat bulan berada di dalam unit perawatan intensif, di mana mereka juga terhubung dengan tabung oksigen bagi bertahan hidup dan diberi makan lewat tube atau selang.

Siapa sangka, setelah menginjak usia beberapa tahun ketiganya mampu tumbuh optimal. “Untuk ketika ini kita pastikan mereka tak mengalami gangguan kesehatan yg berarti,” tutup Emma.

Baca juga: Pertumbuhan Bayi Terhambat karena Lahir Prematur, Begini Cara Mencegahnya

Dua pertiga bayi yg lahir dalam usia kandungan berkisar 23 minggu biasanya tidak dapat bertahan hidup lebih lama, terutama karena bobot mereka yg terlalu rendah. Tingkat keberlangsungan hidupnya tidak lebih dari 35 persen.

Namun karena ketiganya dapat bertahan hidup, maka kembar tiga Bateman ini tercatat dalam rekor dunia sebanyak beberapa kali. Pertama buat bayi kembar tiga paling ringan yg pernah dilahirkan, dan kedua, bayi kembar tiga yg paling prematur namun mampu bertahan hingga menginjak usia beberapa tahun.(lll/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Ini Dia Kembar Tiga Paling ‘Ringan’ Sedunia Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

semihot tube,
Loading...
loading...