Aplikasi Ini Bisa Melacak Kecenderungan Bunuh Diri Seseorang

Posted on
loading...

Jakarta, Kecenderungan seseorang bagi melakukan tindakan bunuh diri bisa dilihat dari ucapan maupun tingkah laku mereka yg mencurigakan. Namun tidak seluruh orang dapat menangkap ‘kode’ tersebut.

Tim peneliti dari Cincinnati Children’s Hospital Medical Center kemudian mengembangkan sebuah aplikasi yg bisa menolong membaca ‘kode’ tersebut. Namanya, Spreading Activation Mobile (SAM).

Saat digunakan, aplikasi ini mulai merekam perbincangan kemudian menganalisis apa yg diucapkan yg bersangkutan, termasuk bagaimana cara bicara mereka, dengan memakai algoritma tertentu.

Petunjuk yg dimaksud antara yang lain cara tertawa, mendengus, ataupun mendesah (sighing) hingga ke nada bicara dan ada tidaknya jeda ketika mereka bicara. Aplikasi ini juga mampu mengenali kosakata yg berbau kemarahan pada remaja.

Bahkan aplikasi ini juga dilengkapi teknologi pelacak wajah yg mampu mengamati apakah seseorang lebih kadang menundukkan wajahnya atau tidak. Sebab penelitian mengungkap, remaja dengan kecenderungan bunuh diri lebih tidak jarang menundukkan wajahnya ketimbang yg tidak.

Baca juga: Studi: Punya Teman Dekat Bisa Bantu Seseorang Atasi Depresi

Peneliti pun menjamin aplikasi bikinan mereka mampu menangkap petunjuk verbal maupun non-verbal yg berkaitan dengan kecenderungan bunuh diri seseorang hingga tingkat akurasi mencapai 85 persen.

Data yg dipergunakan dalam aplikasi ini sendiri diambil dari studi yg dikerjakan peneliti sebelumnya (2013-2015) dengan melibatkan 379 partisipan. Beberapa di antaranya pernah berupaya bunuh diri atau didiagnosis mengalami gangguan jiwa, dan juga ada yg sehat.

Dari hasil survei tentang kondisi emosional mereka, peneliti mampu mengelompokkan apa saja petunjuk verbal dan non-verbal yg kelihatan dari partisipan dulu dimasukkan ke dalam algoritma yg mereka persiapkan.

“Teknologi semacam ini memudahkan kalian bagi melakukan identifikasi dini agar bisa menolong mengurangi upaya bunuh diri dan kematian yg diakibatkannya,” ujar peneliti John Pestian seperti dilaporkan Cincinnati Enquirer.

Namun pria yg sudah puluhan tahun mempelajari ‘kode bunuh diri’ ini mengingatkan teknologi tersebut tak mulai ada gunanya bila seseorang yg mempunyai persoalan atau memiliki kecenderungan bunuh diri dibiarkan saja atau tak diintervensi.

“Ini kan hanya mesin, kalau kami tak bergerak bagi menolong mereka, ya sia-sia saja,” tutupnya.

Baca juga: Pakar Sebut Dokter Harus Lebih Sering Cek Gejala Depresi pada Remaja

(lll/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Aplikasi Ini Bisa Melacak Kecenderungan Bunuh Diri Seseorang Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

melacak lokasi twitter,
Loading...
loading...