Ribuan Warga Ikuti Upacara Sebar Apem Di Boyolali

Posted on
loading...

Boyolali (Akulagi.com) – Ribuan warga berdesak-desakan mengikuti upacara tradisi menyebar kue apem keongmas di kawasan objek wisata Pengging, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jumat.

Warga dari berbagai daerah tiba bagi ikut berebut kue apem keongmas, yg dipercaya membawa berkah, dalam upacara tradisi yg digelar warga setempat setiap tahun pada bulan Sapar dalam kalender Jawa tersebut.

Acara tersebut diawali dengan kirab gunungan apem dari Kantor Kecamatan Banyudono menuju objek wisata Pengging, tepatnya di depan Mesjid Ciptomulyo. 

Puluhan abdi dalem dan prajurit Keraton Surakarta mengawal kirab menuju lokasi sebar apem, sementara warga beriri di pinggir jalan yg mulai dilewati beberapa gunungan apem. 


Wakil Bupati Boyolali M Said Hidayat menuturkan bahwa pada masa lalu tradisi sebar apem itu menurut cerita awalnya terjadi saat lahan pertanian di kawasan Pengging Banyudono terserang hama keong mas.

Bencana itu mendorong Raden Ngabehi Yosodipuro meminta petani di Pengging memasak apem keong mas buat dibagikan kepada masyarakat Pengging.

“Dengan cara itu, akhirnya lahan pertanian padi di kawasan Pengging terhindar dari serangan hama keong,” katanya.

Warga setempat, ia melanjutkan, melestarikan tradisi itu hingga sekarang, rutin menggelar upacara menyebar apem keong setiap bulan Sapar.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Boyolali Mulyono Santoso menyampaikan bahwa selain buat melestarikan tradisi, upacara itu juga digelar bagi memperkenalkan tempat wisata di kawasan Banyudono.

“Ini diharapkan bisa meningkatkan angka kunjungan wisata di kawasan Pengging. Daerah ini banyak objek wisata, khususnya religi, karena di Pengging terdapat makam-makam leluhur ternama seperti Pujangga Kraton Surakarta Hadiningrat, Raden Ngabehi Yoso Dipuro, Ki Ageng Pengging (Kebo Kenongo), Handayaningrat, dan Padmonegoro,” kata Mulyono.

Ia menyampaikan dalam upacara tradisi sebar apem keongmas di Pengging tahun ini ada 25.500 apem buatan warga yg disebar, lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yg cuma 15.000 apem.

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Ribuan warga ikuti upacara sebar apem di Boyolali Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...