Pengungsi Korban Banjir Bojonegoro Terserang Gatal-gatal

Posted on
loading...

Bojonegoro (Akulagi.com) – Petugas Posko Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menyatakan sebagian dari 76 jiwa pengungsi di Gedung Serbaguna, Kelurahan Ledokwetan, Kecamatan Kota terserang penyakit gatal-gatal.

“Dari 76 jiwa pengungsi di Gedung Serbaguna yg berobat 23 pengungsi, di antaranya sebanyak 13 pengungsi mengeluh gatal-gatal,” kata petugas Posko Kesehatan Dinkes Bojonegoro Nurul Hidayati, di lokasi pengungsian Gedung Serbaguna, Sabtu.

Penyakit gatal-gatal yg dikeluhkan pengungsi itu, katanya, hampir semuanya penyakit gatal-gatal di kaki yg biasa disebut “rangen” (kutu air).

“Penyebabnya ya terkena air Sungai Bengawan Solo yg kotor,” ujarnya lagi.

Menurut dia, pasien itu memperoleh obat salep 24 yg biasa dimanfaatkan buat mengobati gatal-gatal pada kulit. Keluhan pengungsi lainnya yg berobat adalah pusing, pegal-pegal, dan kelelahan.

“Kami menyiapkan berbagai jenis obat tak cuma obat gatal-gatal, tapi juga obat buat pusing, dan obat lainnya seperti buat menurunkan darah tinggi dan vitamin,” ujarnya menambahkan.

Kepala Disnakertransos Bojonegoro Adi Witjaksono menjelaskan Dinkes setempat juga membuka posko kesehatan buat melayani pengungsi korban banjir Bengawan Solo di Desa Ledokkulon, Kecamatan Kota.

Di Kelurahan Ledokkulon, lanjut dia, ditempatkan posko kesehatan karena di lokasi ini biasanya menjadi titik lokasi pengungsi korban banjir Bengawan Solo.

“Pengungsi yg berobat di posko kesehatan tak dipungut biaya,” ujar dia lagi.

Pada beberapa lokasi itu, menurut dia, juga dibuka dapur umum buat melayani pengungsi korban banjir Bengawan Solo.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Andik Sudjarwo menambahkan pihaknya masih siaga dengan luapan air Bengawan Solo, ketika ini ketinggian pada papan duga di Bojonegoro mencapai 14,92 meter, pukul 23.00 WIB.

“Ketinggian air Bengawan Solo di Bojonegoro stabil dalam lima jam terakhir,” ujarnya pula.

Dampak luapan Bengawan Solo masih merendam 96 desa yg tersebar di 15 kecamatan, antara yang lain Kecamatan Kalitidu, Malo, Trucuk, Kota, Kapas, Balen, Kanor, dan Baureno.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Pengungsi korban banjir Bojonegoro terserang gatal-gatal Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

cara cepat menghilangkan gatal karena getah talas,Gallery foto bugil Siti Nurcholifah Bojonegoro,Gatal karena talas,getah talas,mengatasi gatal akibat rock wall,mengobati gatal karena getah talas,obat gatal karena getah talas,Tips mengatasi gatal akibat tales,
Loading...
loading...