Menteri Susi: Konsumsi Ikan Masyarakat Sulsel Tertinggi Di Indonesia

Posted on
loading...

Makassar (Akulagi.com) – Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Susi Pudjiastuti menyatakan seandainya masyarakat Sulawesi Selatan lebih tinggi rata-rata angka konsumsi ikannya di Indonesia.

“Sulsel ini provinsi maritim dan bahkan Kota Makassar saja milik banyak pulau dibandingkan kota-kota lainnya. Angka konsumsi ikan masyarakatnya tertinggi di Indonesia,” ujarnya di Makassar, Sabtu.

Susi Pudjiastuti membeberkan, berdasarkan angka konsumsi ikan per kabupaten/kota maupun provinsi, Sulsel tercatat memiliki kemampuan konsumsi ikan sebanyak 60-80 kilogram per kapita tiap tahunnya.

Sedangkan daerah di Pulau Jawa seperti Kota Yoyakarta dan Solo cuma rata-rata 16 kilogram (kg) per kapitanya. Untuk secara keseluruhan nasional cuma 46 kilogram per kapita.

“Orang Sulsel itu pemakan ikan dan banyak orang Sulsel pinter-pinter, cerdas karena memang konsumsi proteinnya sangat tinggi,” katanya.

Ia mengatakan, tingginya tingkat konsumsi ikan di Sulsel dari nasional didukung juga oleh produksi ikan tangkap daerah yg berada di atas angka 400 ribu ton pertahun.

Di hadapan Presiden Joko Widodo dan seratusan nelayan di Pelabuhan Perikanan Untia itu, Susi meminta kepada para nelayan agar tetap melaut dengan memakai peralatan yg ramah lingkungan.

“Mari kalian segala menjaga keberlangsungan sumber daya alam kalian agar tetap terjaga, jangan memakai cara-cara illegal fishing, jangan membius, jangan mengebom dan jangan pakai kompresor dalam mencari ikan,” jelasnya.

Susi juga meminta kepada nelayan agar menjadikan lautan Indonesia ini sebagai tempat buat mencari ikan tanpa harus merusak terumbu karang, koral dan biota lautnya daerah lain.

“Pelaut Bugis-Makassar itu telah terkenal sejak lalu dan sampai sekarang terkenal sampai keluar negeri. Terkenal karena suka membius dan lain-lainnya. Jangan lagi ada seperti itu karena anak cucu kami yg mulai sengsara,” pesannya kepada nelayan.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Menteri Susi: konsumsi ikan masyarakat Sulsel tertinggi di Indonesia Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...