Korupsi Bulog Sub Divre XII Madura Libatkan 10 Orang

Posted on
loading...

Pamekasan (Akulagi.com) – Kasus korupsi Bulog Sub Divre XII Madura, Jawa Timur, melibatkan 10 orang, kata Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Pamekasan Agita Tri Moertjahjanto di Pamekasan, Sabtu.

“Dari 10 orang itu, lima di antaranya sudah divonis bersalah oleh pengadilan, sedangkan lima lainnya masih dalam proses persidangan,” kata Agita.

Ia menjelaskan para pihak yg diduga terlibat dan sudah divonis itu antara yang lain Kasi Pelayanan Publik Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre XII Madura Hardiyanto, dan Koordinator Kualitas PT PAN Asia, Suharso.

Tersangka Hardiyanto, warga Tulungagung dan Harsono, warga Banyuwangi itu ditahan setelah keduanya menjalani pemeriksaan selama lima jam di ruang penyidik Kejari Pamekasan.

Dalam perkara korupsi ini kedua tersangka memiliki peran yg berbeda. Tersangka Hardiyanto sebagai verifikasi pengadaan beras dan buat tersangka Suharso penentu kualitas pada pangadaan beras, pada Agustus, September dan Oktober 2014.

Perbuatan kedua tersangka dijerat pelanggaran Pasal 2, 3 dan 9 Undang-Undang Nomor 31, Tahun 2009 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, junto Pasal 18 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001, junto Pasal 55 10 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Kasus dugaan penggelapan bantuan raskin di Gudang Bulog Sub Divre XII Madura itu, terjadi pada 2014.

Sebanyak 1.504 ton raskin digudang Bulog Madura itu diketahui hilang, namun oleh pejabat Bulog Madura kala itu dibuat seolah sudah bantuan beras buat rakyat miskin itu sudah disalurkan.

Tiga bulan kemudian, stok beras tetap kosong, meskipun sudah dikerjakan pengadaan oleh Bulog Jawa Timur, sehingga Bulog Jatim akhirnya melaporkan ke Kejati Jatim dan oleh Kejati dilimpahkan ke Kejari Pamekasan, karena tempat kejadian perkaranya di Pamekasan.

Pria yang berasal Pasuruan Jawa Timur ini lebih lanjut menjelaskan, setelah dikerjakan penyelidikan, tim penyidik akhirnya memutuskan sebanyak 11 orang sebagai tersangka.

Sebanyak 10 orang dari 11 tersangka itu sudah diproses hukum, dan lima diantara yg 10 orang itu divonis termasuk beberapa orang mantan pejabat Bulog Sub Divre XII Madura Suharyono dan Prayitno.

Kedua pejabat ini dijerat dengan Pasal 2, 3, dan 9 UU Nomor 31 Tahun1999 yg diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor junto Pasal 55 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Pasal ini menjelaskan tentang peran keduanya yg memakai kedudukannya buat memberi kesempatan pada dirinya atau orang yang lain melakukan tindak pidana korupsi. Ancamannya 20 tahun penjara.

Tapi majelis hakim cuma mendasarkan putusannya pada Pasal 3, sehingga putusan jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa dengan denda cuma Rp50 juta, sedangkan tim penyidik menuntut Rp600 juta.

Perkara tindak pidana korupsi pengadaan beras fiktif ini berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Negara dirugikan hingga Rp 12 miliar lebih.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Korupsi Bulog Sub Divre XII Madura libatkan 10 orang Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

last tango in paris full film 3gp,jav sub indo,Bokep indo pamer susu terbaru 2016,download al quran fatih seferagic stafa,download bokep 3gp full movie,ngentot cabean mp4,download cars 3 sub indo,download movie mohabbatein sub indo,dwonload bokeb indo dibawah umur,film semi asia sub indo no sensor,
Loading...
loading...