Seleksi Ketat Nusantara Sehat, Kemenkes: Yang Terpilih Pasti Nggak Cengeng

Posted on
loading...

Jakarta, Nusantara Sehat yaitu program dari Kementerian Kesehatan yg mengirim tim berisi tenaga kesehatan profesional ke daerah terluar, terpencil dan perbatasan Indonesia. Harus diakui, tantangan yg menanti para anggota Nusantara Sehat tentunya tidaklah sedikit.

Meski begitu, Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Kesehatan, drg Usman Sumantri, menyampaikan buat Nusantara Sehat angkatan ke-5 saja ada kurang lebih 7.700 pendaftar. Meski begitu, yg diterima dan lolos seleksi tidak sampai 5 persen dari jumlah pendaftar.

“Dari 7.700 yg daftar, yg diterima cuma 261 orang. Tandanya apa? Jadi Nusantara Sehat nggak gampang, seleksinya ketat,” tutur Usman usai melantik Nusantara Sehat angkatan ke-5 di Pusdikkes TNI AD, Jl Raya Bogot, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (25/11/2016) petang.

Usman menambahkan bahwa Nusantara Sehat nantinya mulai mengabdi di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan terluar. Mereka juga mulai ditempatkan di puskesmas daerah yg masih memiliki banyak persoalan kesehatan.

Baca juga: Cerita dr Mary Rawat Pasien Malaria di Papua yg Disangka Kesurupan

Daerah-daerah tersebut memiliki fasilitas pelayanan kesehatan berkualitas yg sedikit jumlahnya. Belum lagi tantangan yg mulai dihadapi oleh anggota tim, akan dari faktor geografi, topografi, cuaca, transportasi, akses komunikasi hingga berbagai persoalan sosial lainnya.

“Makanya yg ada di sini hari ini, yg lolos dan diterima pastinya nggak cengeng atau nggak betah dan nantinya mengundurkan diri. Dua tahun di pedalaman kan bukan waktu sebentar,” tuturnya lagi.

Data tahun 2015 memperlihatkan ada 694 tenaga kesehatan yg dibagi menjadi beberapa angkatan. Mereka tersebar di 15 provinsi, 48 kabupaten dan kota serta ditempatkan di 120 puskesmas. Untuk tahun 2016, telah ada 466 tenaga kesehatan yg tersebar di 84 puskesmas di 16 provinsi.

Lalu bagaimana bagi angkatan selanjutnya? Dikatakan Usman Kementerian Kesehatan ketika ini masih melakukan evaluasi terkait daerah mana yg paling membutuhkan dan berapa jumlah tenaga kesehatan yg mulai diberangkatkan.

“Angkatan pertama kan nanti selesai Mei 2017. Kita nanti mulai evaluasi apakah ada pengaruhnya atau tak Nusantara Sehat. Untuk angkatan berikutnya nanti tunggu saja ada pengumumannya,” tutup Usman.

Baca juga: Video: Medan Pedalaman Papua yg Jadi Tantangan Petugas Kesehatan(mrs/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Seleksi Ketat Nusantara Sehat, Kemenkes: Yang Terpilih Pasti Nggak Cengeng Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Kata Kunci Banyak Di Cari

ebook 365 pola hidup rasulullah pdf gratis,makalah minuman sehat menurut who,seleksi nusantara sehat tahun 2017,
Loading...
loading...