Sebanyak 296 Atlet Bersaing Pada Kejurnas Anggar 2016

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Sebanyak 296 atlet dari 19 provinsi di Indonesia bersaing bagi menjadi yg terbaik pada Kejurnas Anggar Pemula 2016 di Cilandak Commercial Estate, Jakarta Selatan, Jumat, dan kedepannya hasil kejuaraan ini mulai menjadi tulang punggung di kejuaraan internasional.

Kejuaraan yg mempertandingkan beberapa kategori merupakan kadet pemula dan kadet ini dibuka segera oleh Ketua Umum Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Agus Suparmanto.

 “Kita sedang mengadakan program jangka panjang buat usia dini dan dalam program ini terdapat dua fase yg salah satunya adalah kejuaraan nasional ini,” kata Agus Suparmanto di sela pembukaan kejuaraan bergengsi khusus atlet pemula ini.

Menurut dia, pencarian bakal dari usia kader pemula merupakan usia 12-15 tahun dan pemula 15-17 tahun sangat diperlukan. Apalagi telah banyak atlet senior Indonesia yg harus langsung diganti mengingat tantangan kedepan jauh lebih berat karena banyak kejuaraan yg harus diikuti.

“Kadet pemula dan kadet adalah jembatan bagi masuk ke kategori junior dan senior. Jadi, kejurnas ini sangat tepat bagi mencari bibit-bibit potensial yg kedepannya bakal menjadi penentu masa depan anggar Indonesia,” ujarnya, menambahkan.

Sementara itu, Ketua Bimbingan dan Pembinaan Prestasi IKASI, Muslimin, menyampaikan bahwa peserta yg mengikuti kejurnas pemula ini mengalami peningkatan yg cukup pesat dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut memamerkan seandainya animo atlet anggar daerah cukup tinggi.

“Biasanya pada tahun-tahun sebelumnya peserta sekitar 200 orang, artinya minat para pelajar didaerah selalu meningkat,” ucap Muslimin yg juga yaitu Ketua Panitia dan Penanggung Jawab Kejuaraan Nasional ini.

Menurut dia, sebelum bisa mengikuti kejuaraan nasional ini, para atlet sebelumnya harus mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) ataupun Selekda. Hasil dari kejuaraan ini juga mulai menjadi bahan evaluasi dalam persiapan remaja, misalnya, bagi Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja di Jawa Tengah.

Pada kejuaraan nasional ini, kata dia sistem pertandingan yg dipergunakan adalah memakai babak penyisihan dari masing-masing senjata, merupakan Floret, Sabel dan Dagen. Setelah itu, baru diadakan setengah kompetisi buat nomor pertandingan.

“Jadi masing-masing atlet mulai bertemu di pool-nya masing-masing, barus setelah itu babak sistem gugur,” kata Muslimin, menegaskan.

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Sebanyak 296 atlet bersaing pada Kejurnas Anggar 2016 Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...