Marwan Jafar Kecam Kekerasan Terhadap Masyarakat Rohingya

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Politisi PKB, Marwan Jafar, mengecam aksi kekerasan terhadap masyarakat Rohingya yg kembali membara di Myanmar akhir-akhir ini.
Sementara Human Rights Watch (HRW) di New York dua waktu dulu merilis bahwa kekerasan di Rohingya tak cuma dikerjakan oleh masyarakat sipil, tapi juga dibantu secara sistematis oleh militer. 
“Jika itu benar, harus disikapi secara serius karena disebutkan sekitar 820 rumah dihancurkan di lima desa utara Rakhine dalam kurun tanggal 10-18 November lalu. Kini, telah ribuan warga Rohingya terpaksa melarikan diri mencari suaka ke negara yang lain sejak konflik pertama meletus,” kata Marwan Jafar dalam informasi tertulisnya di Jakarta, Jumat.
Kenyataan tersebut mengingatkan atas berbagai kejahatan kemanusiaan genosida yg pernah terjadi dalam sejarah kelam manusia. Sejarah mendeskripsikan genosida terjadi di hampir segala benua dengan berbagai bentuk dan pola kejahatan yg dikerjakan secara sistematis. 
Ia mencontohkan, genosida terbesar dalam peradaban modern pernah terjadi di Eropa yg dikerjakan oleh Aldolf Hitler terhadap etnis Yahudi di semua wilayah negara-negara kekuasaan NAZI.
Selain itu, menurut mantan Menteri Desa pertama ini, yg masih jernih dalam ingatan adalah kejahatan kemanusiaan yg terjadi dalam tragedi pembantaian umat Muslim, dikenal dengan genosida Srebrenica di Bosnia. Diperkirakan sekitar 8.000 jiwa dari penduduk muslim Bosnia tewas dibantai oleh kekuatan militer yg dipimpin Jenderal Ratco Mladic pada tahun 1995. 
Terlepas dari motif apapun, kata mantan Ketua Fraksi PKB Dewan Perwakilan Rakyat RI ini, kekerasan dan tindakan pembantaian yg dialami oleh masyarakat muslim Rohingya tak bisa dibenarkan oleh kemanusiaan. Tragedi yg yaitu praktik genosida tersebut harus dikutuk dalam konteks kemanusiaan dan disikapi dengan bijak sebagai tindakan keji yg melibatkan kekuatan militer dan masyarakat sipil setempat di luar latar belakang agama mereka. 
Pemerintah harus langsung melakukan tindakan cepat dan masyarakat madani beserta tokoh-tokoh agama berupaya melakukan kecaman terhadap tindakan genosida terhadap masyarakat Rohingya sebagai tindakan yg murni kejahatan kemanusiaan, katanya.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Marwan Jafar kecam kekerasan terhadap masyarakat Rohingya Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...