Ketika Kanker Paru Menyebar, Seperti Tenda Lepas Dari Pasaknya

Posted on
loading...

Jakarta, Kanker bila tak langsung diobati mulai semakin parah dan pada dua masalah bahkan mampu menyebar (metastasis) ke tempat yang lain dalam tubuh. Bagaimana cara kanker ini menyebar, diibaratkan oleh peneliti seperti tenda yg pasaknya lepas kemudian tertiup angin.

Para peneliti di University of York mengetahuinya setelah melakukan studi pada sel kanker paru dan menemukan bahwa ada komunikasi antardua protein yg bisa merubah struktur di sekeliling sel. Akibatnya sel kanker menjadi goyah dan kemudian mampu terbawa oleh darah ke bagian tubuh lain.

Baca juga: Biopsi Malah Bikin Sel Kanker Menyebar? Itu Mitos

“Sisi-sisi sel kanker memiliki bentuk yg tetap dan secara kokoh tertanam buat menjaga isinya,” ungkap salah sesuatu peneliti Dr Daniel Ungar seperti dikutip dari BBC, Sabtu (26/11/2016).

“Seperti tenda, bagi memindahkannya maka kalian perlu mengubah konten dan merubuhkan sisi-sisi sehingga dapat diangkat dari tempat ia tertanam,” lanjut Dr Daniel.

Protein yg bertanggung jawab bagi proses tersebut bernama Zeb1 dan kini studi berkembang mencari cara bagaimana menargetkan protein tanpa merusak sel-sel sehat di sekitar sel kanker. Kemungkinan sel kanker di tempat lainnya alami hal yg sama namun demikian peneliti tak percaya secara pasti karena studi cuma melihat sel kanker paru.

Bila proses pelepasan ini dapat ditargetkan maka mulai ada kemungkinan muncul terapi baru yg setidaknya mampu mencegah angka kejadian metastasis pada pasien kanker.

Baca juga: Perjuangan Yesi Melawan Kanker Payudara yg Sudah Menyebar ke Otak(fds/vit)
Sumber: http://health.detik.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Ketika Kanker Paru Menyebar, Seperti Tenda Lepas dari Pasaknya Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...