Dubes Denmark Temui Kepala BNPT Sharing Informasi Soal Terorisme

Posted on
loading...

Jakarta (Akulagi.com) – Duta Besar Denmark buat Indonesia Casper Klynge pada Jumat menemui Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius di Jakarta bagi berbagi keterangan mengenai terorisme.

“Dubes Denmark tiba ke sini (BNPT) buat sharing keterangan mengenai terorisme. Mereka apresiasi sekali dengan Indonesia dan juga ingin melakukan kerja sama dalam penanggulangan terorisme,” kata Suhardi.

Ia menyampaikan dalam dua tahun belakangan ini pemerintah Denmark juga sudah mengidentifikasi adanya radikalisme di negaranya dan menilainya sebagai ancaman serius. Pada Januari 2015 salah sesuatu situs pendukung ISIS juga menyatakan bahwa Denmark juga menjadi target serangan.

“Bahkan menurut Dubes Denmark, hingga April 2016 ada 125 orang warga negara Denmark yg diduga berada di wilayah konflik di Suriah dan Irak dan sekitar 62 orang di antaranya sudah kembali. Itu menjadi persoalan besar untuk pemerintah Denmark,” ujar dia.

Pada bulan April 2016, polisi di Copenhagen, Denmark menangkap empat orang anggota Foreign Terrorist Fighters (FTF) yg kembali ke Denmark. Polisi Denmark juga menemukan amunisi dan senjata dalam penangkapan tersebut.

Setelah penangkapan empat orang FTF tersebut, pemerintah Denmark mengusulkan peraturan yg melarang warganya memasuki wilayah konflik dan tidak mengurangi hukuman penjara buat warganya yg direkrut buat kegiatan terorisme atau mempromosikan terorisme dalam konflik bersenjata.

“Aturan seperti ini tentunya juga menjadi bahan masukan bagi kami yg ketika ini mulai melakukan revisi undang-undang terorisme. Selama ini kalian tak mampu berbuat apa-apa terhadap orang-orang yg baru pulang dari Suriah. Kita cuma mampu mengawasi karena mereka kembali ke Indonesia belum berbuat apa-apa,” katanya.

Denmark ketika ini memiliki beberapa badan pemerintah yg bekerja bagi mengawasi kegiatan radikal dan ancaman terorisme, yakni Danish Security and Intelligence Service (PET) dan The Danish Defense and Intelligence Service (DDIS).

“Di dalam rapat tadi aku katakan kepada pemerintah Denmark bahwa kami juga menyadari bahwa Indonesia dan Denmark sudah berbagi tantangan yg sama dalam hal ancaman global terutama terorisme, meski pada tingkat yg berbeda. Dan aku melihat bahwa pemerintah Denmark juga memiliki pendekatan yg lembut dalam menangani persoalan terorisme,” ujar Suhardi.

Dalam rapat bersama Dubes Denmark tersebut, Kepala BNPT didampingi Wandi Adrianto Syamsu selaku Kasubdit Kerjasama wilayah Amerika dan Eropa pada Direktorat Kerja sama Internasional Kedeputian III BNPT.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com
Terima kasih anda Telah Membaca Berita Tentang Dubes Denmark temui kepala BNPT sharing informasi soal terorisme Silahkan Share Berita Ini Jika Memberi Manfaaat

Loading...
loading...